View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1K014041
Nama MahasiswaPRASASTI SEKAR ASRINTA
Judul ArtikelTHE INFLUENCE OF SALES PROMOTION AND STORE ATMOSPHERE TOWARD IMPULSE BUYING WITH SHOPPING EMOTION AS INTERVENING VARIABLE AT MATAHARI DEPARTMENT STORE PURWOKERTO
AbstrakRINGKASAN Industri ritel di Indonesia cukup menarik bagi pendatang baru di mana pasar saat ini sangat potensial untuk melihat peningkatan ekonomi dan peningkatan populasi negara. Pengembangan bisnis didukung juga oleh lebih banyak konsumen yang menginginkan berbelanja dengan mudah dan nyaman. Meningkatnya pendapatan konsumen juga sering meningkatkan kebutuhan konsumen. Peningkatan kebutuhan yang konstan menyebabkan tingkat belanja konsumen meningkat. Berdasarkan fenomena ini perusahaan harus memiliki strategi untuk menarik konsumen dengan memberikan promosi kepada konsumen dan memberikan suasana toko yang nyaman bagi konsumen. Salah satu ritel yang ada di Indonesia adalah Matahari Department Store. Matahari Department Store adalah perusahaan ritel tertua dan terbesar di Indonesia, yang saat ini mendominasi pangsa pasar ritel Indonesia sebesar 25%. Matahari Department Store memiliki 151 toko di lebih dari 60 kota dan memiliki satu toko online bernama Mataharimall.com. Purwokerto adalah salah satu kota yang terdapat Matahari Department Store. Tempat ini menyediakan banyak pilihan seperti baju, alas kaki, kacamata, dan masih banyak lagi barang yang tersedia. Konsumen cenderung membeli di Matahari Department Store Purwokerto karena ketersediaan produknya di satu tempat. Konsumen tidak harus pergi ke banyak toko yang berbeda untuk membeli barang yang berbeda. Selain itu, Matahari Department Store Purwokerto telah dibuat beragam untuk menciptakan suasana toko yang nyaman bagi konsumen dan memberikan beberapa promosi menarik untuk konsumen. Matahari Department Store Purwokerto menunjukkan bahwa ada beberapa alasan utama bagi pelanggan untuk berbelanja di tempat ini daripada di tempat lain karena Matahari Department Store Purwokerto memiliki lokasi yang strategis, kelengkapan produk, terletak di satu area perbelanjaan. Berdasarkan permasalahan ini, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis komponen sales promotion (promosi penjualan), store atmosphere (suasana toko), hingga impuls buying (pembelian impulsif) dengan shopping emotion (emosi berbelanja) sebagai variabel intervening. Metodologi penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah studi kasus dengan metode penelitian survei. Teknik convenience sampling yang berasal dari teknik sampling non probability digunakan untuk pemilihan sampel. Sampel dari penelitian ini adalah 125, yang berasal dari konsumen Matahari Department Store Purwokerto yang telah melakukan pembelian impulsif. Metode pengolahan data menggunakan SEM dengan AMOS digunakan untuk menganalisis data. Studi ini memiliki implikasi untuk perusahaan ritel; karena perusahaan berkembang, meningkatkan kualitas dan membuat inovasi baru yang terkait dengan hasil penelitian. Keterbatasan penelitian ini yaitu sulit untuk mendapatkan berbagai variasi usia dan pekerjaan responden.
Abstrak (Inggris)SUMMARY The retail industry in Indonesia is quite attractive to new comers where the current market is very potential to see an increase in the economy and an increase in the population of the country. Business development is supported also by more consumers who want delivery easily and conveniently. The increasing of consumer income also often increases the consumer needs. A constant increasing of needs causes the level of consumer spending is raised. Based on this phenomenon the company must have a strategy to attract consumers by giving promotions to consumers and provide a comfortable store atmosphere for consumers. One of the existing retail in Indonesia is Matahari Department Store. Matahari Department Store is the oldest and largest retail company in Indonesia, which currently dominates Indonesia’s retail market share of 25%. Matahari Department Store has 151 stores in more than 60 cities and has one online store called Mataharimall.com. Purwokerto is one of the city that has Matahari Department Store. This place providing many choices such as garments, footwears, eyeglasses, and many more goods available. Consumers tend to buy in Matahari Department Store Purwokerto because of its availability of products at one place. Consumers do not have to go to many different store to buy different things. Beside that, Matahari Department Store Purwokerto have been made various to create a comfortable store atmosphere for consumers. It also applies promotion. Matahari Department Store Purwokerto shows that there are several main reasons for customers to shop at this place than in other place because Matahari Department Store Purwokerto has strategic location, completeness of product, located in one-stop shopping area. Based on the problem, the purpose of this research is to analyze the components of sales promotion, store atmosphere, to impulse buying with shopping emotion as intervening variable. The research methodology used for this research is case study with survey research method. Convenience sampling techniques that come from non probability sampling techniques are used for the selection of sample. The sample of this research is 125, originated from Matahari Department Store consumer of Purwokerto who had made impulsive purchase. Method of processing data using SEM with AMOS used to analysis the data. This study has implications for retail companies; because the company develops, improves the quality and makes new innovations related to the research results. The limitation of this research is difficult to get various age and occupation of respondents.
Kata KunciKata Kunci: sales promotion, store atmosphere, impulse buying, shopping emotion.
Nama Pembimbing 1Dr. Pramono Hari Adi M.S
Nama Pembimbing 2Refius Pradipta M.Si
Tahun2018
Jumlah Halaman124
Page generated in 0.0524 seconds.