View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1A011052
Nama MahasiswaABDULLAH ULWAN
Judul ArtikelAnalisis Daya Saing Ekspor Ikan Tuna Indonesia di Pasar Internasional
AbstrakPenelitian ini berjudul “Analisis Daya Saing Ekspor Ikan Tuna Indonesia di Pasar Internasional”. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis struktur pasar ikan tuna Indonesia di pasar internasional dan menganalisis apakah ikan tuna Indonesia memiliki keunggulan komparatif serta keunggulan kompetitif di pasar internasional. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Obyek penelitian ini dilakukan pada ikan tuna beku dan ikan tuna segar. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang didapat dari sumber instansi terkait seperti UN Comtrade, Kementrian Perikanan dan Kelautan serta dari BPS, data yang digunakan adalah data dengan periode 2010 hingga 2016. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan alat analisis Concentration Ratio (CR) menunjukan bahwa struktur pasar ikan tuna Indonesia adalah pasar monopolistik dengan nilai rata-rata CR4 sebesar 36 persen. Kemudian dengan menggunakan analisis Revealed Comparative Advantage (RCA) menunjukan bahwa ikan tuna Indonesia memiliki keunggulan komparatif di pasar dunia dengan index RCA rata-rata sebesar 2.09. Hasil penelitian menggunakan analisis Export Product Dynamic (EPD) menunjukan bahwa ikan tuna Indonesia berada pada posisi “Rising Star” yang dimana artinya ikan tuna indonesia memiliki keunggulan kompetitif di pasar internasional. Dalam menigkatkan keunggulan komparatif di pasar internasional penting bagi Indonesia untuk memperluas pangsa pasar terutama pada pangsa tujuan ekspor ikan tuna dunia. Di samping itu dalam meningkatkan keunggulan kompetitif maka sebaiknya Indonesia meningkatkan kualitas ekspor ikan tuna.
Abstrak (Inggris)This research is entitled "Competitive Analysis of Indonesian Tuna Exports in International Markets". The purpose of this study is to analyze the structure of the Indonesian tuna market in international markets and analyze whether Indonesian tuna fish have comparative advantages and competitive advantages in international markets. The type of this research is descriptive research. The object of this study was conducted on frozen tuna and fresh tuna fish. This study uses secondary data obtained from related sources such as UN Comtrade, Ministry of Fisheries and Maritime Affairs and from BPS, the data used is data with the period 2010 to 2016. Based on the results of the study using the Concentration Ratio (CR) analysis tool shows that the structure of the Indonesian tuna fish market is a monopolistic market with an average CR4 value of 36 percent. Then using the Revealed Comparative Advantage (RCA) analysis shows that Indonesian tuna has a comparative advantage in the world market with an average RCA index of 2.09. The results of the study using Export Product Dynamic analysis (EPD) show that Indonesian tuna fish are in the "Rising Star" position which means that Indonesian tuna have a competitive advantage in the international market. In increasing comparative advantage in international markets it is important for Indonesia to expand its market share, especially in the share of world tuna fish export destinations. In addition to increasing competitive advantage, Indonesia should improve the quality of tuna exports.
Kata KunciPerdagangan Internasional, Ikan Tuna, Struktur Pasar, Keunggulan Komparatif, Keunggulan Kompetitif
Nama Pembimbing 1Drs. Sukiman, MP
Nama Pembimbing 2Dr. Arintoko, SE, M.Si
Tahun2018
Jumlah Halaman72
Page generated in 0.0546 seconds.