View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)G1H013017
Nama MahasiswaIGNATIUS DWI PRAYOGA
Judul ArtikelHUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN GIZI TERHADAP LOYALITAS PASIEN POSTPARTUM DI RSUD PROF. DR. MARGONO SOEKARJO
AbstrakLatar Belakang : Pelayanan gizi termasuk salah satu dari aspek pelayanan kesehatan paripurna yang dapat berpengaruh pada penilaian pasien terhadap pelayanan gizi yang diberikan selama masa perawatan. Kualitas pelayanan yang baik dapat berpengaruh terhadap loyalitas pasien, atau yang dapat diartikan sebagai minat konsumen untuk melakukan pembelian ulang produk jasa di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara kualitas pelayanan gizi terhadap loyalitas pasien dengan kepuasan pasien sebagai variabel pemoderasi. Metodologi : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model penelitian cross sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 68 orang pasien di bangsal postpartum RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo. Hasil Penelitian : Hasil uji hipotesis dengan analisis pearson product moment menunjukkan bahwa h0 ditolak ( r hitung = 0.226, sig = 0.064). Variabel kepuasan hanya berpengaruh sebesar 1.9% terhadap hubungan variabel kualitas pelayanan gizi dan variabel loyalitas pasien (Adjusted R2 = 0.019, sig = 0.374). Kesimpulan : Terdapat hubungan antara kualitas pelayanan gizi dan loyalitas pasien. Kepuasan pasien bukan merupakan variabel pemoderasi dalam penelitian ini.
Abstrak (Inggris)Background : Nutritional Sevice are part of hospital services that could affect patient’s appraisments towards nutrition services that have been provided. A good nutritional service can affect patient’s loyalty, or the patient’s intention to re-use the hospital services at a later time. The goal of this study is to identify the association between nutritional service quality and pospartum patients loyalty moderated by patient’s satisfaction. Methodology : The conducted study are quantitative study with cross sectional model. Data were collected using questionarries, distributed to 68 patients in postpartum wards of Prof. Dr. Margono Soekarjo Regional Public Hospital. Results : Hypothesis test using pearson product moment shows that h0 is rejected (r = 0.226, sig = 0.064). Patient’s satisfaction only have 1.9% effect in relationship between nutritional service quality and patients loyalty (Adjusted R2 = 0.019, sig = 0.374). Conclusions : There is a relationship between nutritional service quality and pospartum patients loyal
Kata KunciService Quality, Loyalty, Moderated, Postpartum Patients.
Nama Pembimbing 1Dra.Sotyania Wardhianna, M.Kes
Nama Pembimbing 2Nurrekta Yuristrianti, DCN, M.Kes
Tahun2018
Jumlah Halaman7
Page generated in 0.0575 seconds.