View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F0A009056
Nama MahasiswaKISWORO
Judul ArtikelPROSES PENDISTRIBUSIAN GAS LPG 3KG PADA PT KARYA MANDIRI SEJAHTERA UTAMA KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS
AbstrakPraktik kerja telah dilaksanakan pada tanggal 22 Februari sampai dengan 7 Maret 2012 di PT Karya Mandiri Sejahtera Utama yang berlokasi di Jalan Raya Ajibarang – Wangon KM 04 Tipar Kidul, Ajibarang. Perusahaan tersebut adalah perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang pendistribusian bahan bakar bersubsidi berupa gas LPG 3 kg dan merupakan satu-satunya Stasiun Pengangkutan Bulk Elpiji (SPBE) yang melayani kebutuhan energi berupa gas LPG di Kecamatan Ajibarang dengan mengelola kegiatan operasi yang terintegrasi dengan PT Pertamina dan agen di sektor gas LPG bersubsidi. Sesuai dengan salah satu visinya, PT Karya Mandiri Sejahtera Utama selalu berusaha untuk meningkatkan pelayanannya dalam proses pendistribusian agar dapat selalu memenuhi kebutuhan masyarakat. Namun dalam melaksanakan tugasnya, perusahaan ini seringkali menghadapi beberapa kendala yang digolongkan menjadi dua faktor yaitu: faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi keterbatasan bahan baku, kerusakan alat-alat kerja, gangguan jaringan koneksi Internet dan human error. Sedangkan faktor eksternal meliputi: keterlambatan agen dalam pengambilan Loading Order (LO), ketidaksesuaian agen dengan Standard Operational Procedure (SOP), dan masalah transportasi agen. Setelah melakukan beberapa pengamatan dalam pelaksanaan praktik kerja lapangan ini, penulis mendapatkan beberapa strategi. Untuk mengatasi kendala dari faktor internal adalah bekerjasama dengan SPBE terdekat lain jika bahan baku tidak tersedia, pemeriksaan peralatan kerja secara rutin dan menyediakan peralatan cadangan, menggunakan penyedia jaringan internet yang berkualitas baik atau menggunakan modem saat terjadi gangguan atau surat jalan manual dan melakukan briefing sebelum kegiatan kerja dimulai. Sedangkan untuk faktor eksternal perusahaan menyediakan surat LO di tempat, melakukan pemeriksaan secara ketat kepada agen yang akan melakukan pengisian, dan menyediakan kendaraan khusus untuk mengantar tabung gas kepada agen jika terjadi masalah di jalan. Berbagai upaya yang telah dilakukan oleh PT Karya Mandiri Sejahtera Utama sudah cukup bagus, meskipun masih perlu adanya monitoring dan evaluasi terutama dalam hal distribusi produk sehingga dapat berjalan dengan maksimal, efisien dan efektif.
Abstrak (Inggris)The job training was conducted from February 22nd until March 7th, 2012. It was done at PT KaryaMandiri Sejahtera Utama, that is located at Jalan Raya Ajibarang – Wangon KM 04 TiparKidul, Ajibarang. It is a private company that distributies subsidized-fuel in the form of 3kg LPG and it is the only Filling Station of Bulk Elpiji (SPBE) that supplies Liquefied Petroleum Gas(LPG) in Ajibarang. Its management is integrated with PT Pertamina and some agents that also distribute this subsidized-gas. In accordance with one of their visions, PT KaryaMandiri Sejahtera Utama always tries to improve their services in the distribution process to always meet the people’s needs. However,in carrying out their duties, they often face some obstacles that are caused by two main factors: internal factors and external factors. The internal factors are raw material shortages, some broken working tools, Internet connection problem, and human error; whereas the external factors are the agent’s lateness of taking Loading Order (LO), the agent’s non-compliance with Standard Operational Procedure (SOP) and the agent’s transportation problem. After doing some observations, the writer found some ways of solving the problems. The internal problems are solved by cooperating with other nearby gas station if the raw material is not available, checking the tools regularly and providing the backup tools, having access to better service provider or using a modem when a problem occurs, and giving a full briefing before working. On another hand, the external problems are overcome by providing the LO letters in the office, making a thorough check on the agents when filling up gas tanks, providing particular vehicles if there is a transportation problem. In general, PT KaryaMandiri Sejahtera Utama has made every effort to improve their performance. However, they still have to monitor and evaluate the distribution system so that it can be better.
Kata Kuncikisworo
Nama Pembimbing 1Indriyati Hadiningrum,M.Pd
Nama Pembimbing 2Ririn Kurnia Trisnawati,S.S.,M.A
Tahun2009
Jumlah Halaman69
Page generated in 0.0527 seconds.