View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1C008030
Nama MahasiswaPUTRI PUJI PRASETIAWATI
Judul ArtikelHubungan Tingkat Kemanfaatan Pesan Dengan Perilaku Preventif Kesehatan Reproduksi Melalui Penyuluhan PIK Remaja GIBITA Desa Rempoah Kecamatan Baturaden Kabupaten Banyumas
AbstrakPokok permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya hubungan yang kuat antara tingkat kemanfaatan pesan dengan perilaku preventif kesehatan reproduksi melalui penyuluhan yang diadakan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja GIBITA di Desa Rempoah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja yang berada di Desa Rempoah dan desa-desa tetangga diKecamatan baturaden, dengan sampel yang diambil mengikuti kegiatan penyuluhan yang diadakan oleh PIK GIBITA Desa Rempoah. Pengujian hipotesis menggunakan teknik korelasi product moment untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang kuat antara ringkat kemanfaatan pesan dengan perilaku preventif kesehatan reproduksi melalui penyuluhan yang diadakan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja GIBITA. Berdasarkan analisis statistik tersebut diperoleh nilai koefisien korelasi (r hit) adalah sebesar 0,655 pada taraf signifikansi sebesar 5% (=0,05) dan tingkat kepercayaan 95% dengan melibatkan 35 responden. Dengan berdasar pada tabel interval koefisien. nilai koefisien korelasi (r hit) sebesar 0.655 masuk ke dalam kategori yang memiliki hubungan yang kuat. Hubungan yang kuat ini berarti semakin kuat tingkat manfaat pesan dalam penyuluhan, maka perilaku preventif remaja pun juga akan meningkat. Jadi kesimpulannya bahwa Hipotesis kerja (Ha) yang menyatakan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat kemanfaatan pesan dengan perilaku preventif kesehatan reproduksi melalui penyuluhan PIK Remaja GIBITA dapat diterima, karena t hitung > t tabel, yaitu 4.979 yang ternyata lebih besar nilai ttabel 2,042 dengan derajat kepercayaan 95% dengan df = n-2 (35-2 = 33). Dan sebaliknya Hipotesis Nol (H0) yang menyatakan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat kemanfaatan pesan dengan perilaku preventif kesehatan reproduksi melalui penyuluhan PIK Remaja GIBITA dapat ditolak.
Abstrak (Inggris)The main issue raised in this study was to determine whether there is a strong relationship between the level of expedience message to preventive reproductive health behavior through counseling which conducted by Counseling and Information Center (PIK) GIBITA Youth in Rempoah. Populations in this study were all Rempoah teenagers and neighboring villages in Baturaden, with samples that taken by following the counseling activities which organized by PIK GIBITA Rempoah Village. Hypothesis test using the product moment correlation technique to determine whether there is a strong relationship between message expediency level to preventive reproductive health behaviors through counseling which held by Information and Counseling Center (PIK) Youth GIBITA. Based on statistical analysis the values of correlation coefficient (r hit) is 0.655 at the significance level of 5% (= 0.05) and 95% confidence level, by involving 35 respondents. Based on the Interval coefficients table, correlation coefficient (r hit) is 0.655 conclude into the category that has a strong relationship. This strong relationship means the stronger of message expediency level in counseling, then the adolescent preventive behavior will also increased. So the conclusion of working hypothesis (Ha) which states that there is a significant relationship between the level of message expediency to preventive reproductive health behavior through PIK counseling GIBITA youth could be accepted, because the t count> t table, with 4.979 value t count was higher than t table value of 2.042 with a degree of confidence 95% and df = n-2 (35-2 = 33). And vice versa the null hypothesis (H0) which stated that there is no significant relationship between the level of message expediency to preventive reproductive health behavior through PIK counseling GIBITA youth could be rejected.
Kata Kuncikemanfaatan pesan, perilaku, preventif, kesehatan reproduksi, komunikasi kesehatan, health belief model
Nama Pembimbing 1Tri Nugroho Adi
Nama Pembimbing 2Dwi Pangastuti M
Tahun2012
Jumlah Halaman10
Page generated in 0.0601 seconds.