View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1C008033
Nama MahasiswaWULAN EPRILIA RAMADIANI
Judul ArtikelPENGGUNAAN BAHASA JAWA BANYUMASAN DALAM KELUARGA DI PERUMAHAN KARANG ASRI KELURAHAN KARANGRAU KECAMATAN SOKARAJA (Studi Etnografi Tentang Pola Komunikasi Bahasa Jawa Banyumasan)
AbstrakJudul penelitian ini adalah “Penggunaan Bahasa Jawa Banyumasan Dalam Keluarga di Perumahan Karang Asri Desa Karangrau Kecamatan Sokaraja (Studi Etnografi Tentang Pola Komunikasi Bahasa Jawa Banyumasan). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana aktivitas komunikasi yang terjadi dalam sebuah keluarga, komponen dan kompetensi komunikasi serta varietas bahasa yang digunakan oleh keluarga pengguna bahasa Jawa Banyumasan di Perumahan Karang Asri Desa Karangrau Kecamatan Sokaraja. Subjek penelitian ini mengambil tiga keluarga yang dalam keluarga tersebut bapak/suami dan ibu/istri adalah warga Banyumas serta memiliki anak yang sudah mampu untuk berkomunikasi verbal secara aktif. Metode yang digunakan dalam menganalisis data penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan dua jenis data yaitu primer dan sekunder. Teknik pemilihan informannya menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi atau pengamatan dan wawancara mendalam. Teknik yang disimpulkan guna mendapatkan validitas data yaitu menggunakan triangulasi data, dengan cara membandingkan data yang diperoleh dari sumber yang berbeda-beda dan membandingkan data yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data yang berbeda-beda. Berdasarkan data yang dihimpun selama proses penelitian berlangsung, dapat ditarik beberapa kesimpulan. Pertama, penggunaan bahasa Jawa Banyumasan di lingkungan Perumahan Karang Asri Desa Karangrau Kecamatan Sokaraja sudah mengalami pergeseran yang ditandai dengan banyak ditemukan anak-anak dan remaja yang berkomunikasi sehari-hari dengan menggunakan bahasa Indonesia. Kedua, pergeseran dalam penggunaan bahasa Jawa Banyumasan menjadi sebuah keprihatinan besar bagi para orangtua yang juga menyadari kekurangannya dalam memberikan pengajaran bahasa ibu kepada anaknya, walaupun begitu mereka masih tetap mengajarkan unggah-ungguh dan etika Jawa sebagai bekal bagi kehidupan anak nantinya. Ketiga, kemampuan seorang anak dalam berbahasa, bersikap dan bertindak ditentukan pada bagaimana cara orangtuanya mengajarkan dan mendidiknya sehingga diharapkan orangtua memiliki ilmu kompetensi yang dapat digunakan sebagai patokan agar dia mampu memberikan pengajaran yang benar pada anak. Keempat, pada saat ini remaja lebih memilih untuk berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan beberapa alasan yang diantaranya yaitu keterbatasan kemampuan yang dimiliki individu dalam menguasai bahasa Jawa Banyumasan sehingga bahasa Indonesia dipilih sebagai bahasa komunikasi agar tidak terjebak dan untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang dapat terjadi ketika berkomunikasi serta didukung oleh faktor orangtua yang kurang dalam memberikan pengajaran bahasa Jawa Banyumasan karena bagi mereka bahasa Indonesia lebih praktis dan mudah untuk dimengerti sedangkan bahasa Jawa adalah sulit. Kata kunci : Etnografi, Penggunaan Bahasa Jawa Banyumasan, Perumahan Karang Asri Desa Karangrau Kecamatan Sokaraja.
Abstrak (Inggris)This research is entitled “Usage of Banyumasan Language Within Families at Perumahan Karang Asri, Karangrau Village, Sokaraja District (An Ethnographic Study About Communication Pattern of Banyumasan Language)”. This research is aimed in analyzing activity, components, and competency of communication, as well as variety of language within families that using Banyumasan language at Perumahan Karang Asri, Karangrau Village, Sokaraja District. Moreover, this research is using three family units as subject which consist of both husbands and wifes as parents from Banyumas people, and their children that actively capable in verbal communication. Using qualitative method in analyzing both primary and secondary data, this research is applying purposive sampling in selecting the informant. Moreover, using observation and in-depth interview for data collecting, this research is also applying data triangulation for the validity, which comparing different data sources and collecting techniques. This research concludes on several points. First, the usage of Banyumasan language is gradually decreasing, as the young and teenagers communicates in Indonesian for daily language. Second, this decreasing becomes a deep regret among the parents, as they realized their lack in teaching the mother language, instead of keep teaching Javanese etiquette and polite-manner of unggah-ungguh for the sake of regeneration. Third, both verbal and non verbal ability among the children depends on their parents; therefore a suitable competency is required in order to make a good lesson for the learning process. Fourth, nowadays teenager is prefer to use Indonesian language to communicate each other, due to some reasons, including their limited ability in mastering Banyumasan language, preventing mistakes during verbal communication, and practically, Indonesian language is easier to understand. Keywords: Ethnography, Usage of Banyumasan language, Perumahan Karang Asri Karangrau Village Sokaraja District
Kata KunciEtnografi, Penggunaan Bahasa Jawa Banyumasan, Perumahan Karang Asri Desa Karangrau Kecamatan Sokaraja
Nama Pembimbing 1Drs. Bambang Widodo, M. Par
Nama Pembimbing 2Drs. Chusmeru, M. Si
Tahun2012
Jumlah Halaman10
Page generated in 0.0783 seconds.