View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1B008037
Nama MahasiswaIRMA YANUAR ERIDAYANTI
Judul ArtikelKINERJA DINAS PENDIDIKAN DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN DASAR BERKUALITAS DI KABUPATEN BANYUMAS
AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya anggaran yang dimiliki oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, banyaknya jumlah guru yang belum memenuhi syarat kualifikasi akademik, sarana prasarana sekolah yang belum layak dan mencukupi, serta masih banyak anak putus sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja Dinas Pendidikan dalam mewujudkan pendidikan dasar berkualitas di Kabupaten Banyumas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan kinerja Dinas Pendidikan dalam mewujudkan pendidikan dasar berkualitas di Kabupaten Banyumas. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pemilihan informan menggunakan purposive dan snowball sampling. Sasaran penelitian ini antara lain : pegawai bidang Pendidikan Dasar Kabupaten Banyumas, kepala sekolah serta guru SD dan SMP, serta komite sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, dari segi input, terbatasnya anggaran yang dimiliki oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas membuat beberapa program kegiatan menjadi tidak berjalan. Jumlah guru SD dan SMP di Kabupaten Banyumas yang belum memenuhi syarat kualifikasi akademik pun masih banyak. Selain itu, sarana prasarana pendidikan belum layak dan mencukupi. Kedua, dari segi proses, kegiatan pelatihan masih mengikuti kegiatan dari tingkat Provinsi. Hal tersebut dikarenakan masih terbatasnya anggaran yang dimiliki oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas. Ketiga, dari segi output, jumlah lulusan siswa/i SD dan SMP setiap tahun mengalami peningkatan dan angka yang mengulang mengalami penurunan. Keempat, dari segi outcome, jumlah anak putus sekolah tiap tahun berkurang dan pencapaian IPM Kabupaten Banyumas pun menempati posisi pertama dibanding kabupaten di sekitarnya.
Abstrak (Inggris)The research was motivated by the limited budget that is owned by the Department of Education Banyumas, the number of teachers who have unqualification, school infrastructure has not been a decent and sufficient, and many children drop out of school. Formulation of the problem in this research is how the performance of the Department of Education in achieving quality basic education in Banyumas. The purpose of this study is to investigate and explain the performance of the Department of Education in achieving quality basic education in Banyumas. The research method used descriptive qualitative with informant methods selection techniques used purposive and snowball sampling. Objectives of this research include: executive Banyumas Elementary Education, principals and teachers in primary and secondary school, and the school committee. Data collection techniques used in-depth interviews, observation and documentation. The results of this study indicate that First, in terms of inputs, limited budget which is owned by the Department of Education Banyumas planning some activities become no go. The number of elementary and secondary school teachers in Banyumas district that has unqualification is still a lot. In addition, the infrastructure has not been proper and adequate education. Second, in terms of process, the training was to follow the activities of the provincial level. This is due to the limited budget that is owned by the Department of Education Banyumas. Third, in terms of output, the number of graduate students elementary and junior high school each year has increased and decreased repeat numbers. Fourth, in terms of outcome, the number of children dropping out of school each year and achieving reduced IPM Banyumas was the first position compared to the surrounding counties.
Kata Kuncikinerja, kualitas pendidikan, pendidikan dasar
Nama Pembimbing 1Drs. H. Ngalimun, MPA
Nama Pembimbing 2Dwiyanto Indiahono, M.Si
Tahun2012
Jumlah Halaman9
Page generated in 0.0572 seconds.