View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1C005003
Nama MahasiswaKERFESTA VICIARMIANTI
Judul ArtikelHubungan Budaya dan Komunikasi Organisasi terhadap Motivasi Guru Mengajar, Studi pada Yayasan Santo Dominikus Cabang Purwokerto. (The Relations of Culture and Organizational Communication on Teacher Motivation Teaching Studies in the Foundation of Saint Dominic Purwokerto)
AbstrakPenelitian ini untuk menganalisa hubungan Budaya Organisasi dan Komunikasi Organisasi terhadap Motivasi guru dalam mengajar di Yayasan Santo Dominikus Purwokerto. Penelitian ini menggunakan Budaya Organisasi dan Komunikasi Organisasi sebagai variabel dependen dan Motivasi sebagai variabel independen. Penelitian ini diuji melalui 62 responden yang diambil melalui metode simple random sampling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu ada atau tidaknya hubungan antar variabel. Penelitian menggunakan rumus korelasi Product Moment. Hubungan antara Budaya Organisasi terhadap Motivasi menghasilkan hubungan yang lemah yaitu 0,086, hubungan antara Komunikasi Organisasi terhadap motivasi juga memiliki hubungan yang lemah yaitu sebesar 0,182. Hubungan Budaya, Komunikasi Organisasi terhadap Motivasi hanya memiliki hubungan yang lemah yaitu 0,05782 serta dengan pengujian F tabel dengan hasil F hitung 0,0083 kurang dari 3,17 yang dihasilkan dari F tabel, maka hasilnya adalah tidak signifikan. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan yang signifikan antara frekuensi budaya organisasi dan komunikasi organisasi dengan motivasi, ditolak Hasil korelasi menunjukan bahwa terdapat hubungan yang sangat lemah untuk semua antar variabel dan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara Budaya Organisasi dengan Motivasi, Komunikasi Organisasi dengan Motivasi maupun Budaya Organisasi, Komunikasi Organisasi dengan Motivasi guru dalam mengajar.Kesimpulannya dalam Yayasan Santo Dominikus Purwokerto dikatakan bahwa Motivasi guru mengajar tidak dihubungani oleh indikator-indikator yang terjalin dalam budaya organisasi dan komunikasi organisasi. Kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh Yayasan untuk menunjang motivasi mengajar ternyata belum mampu memberikan stimulasi motivasi yang besar bagi guru. Motivasi Intrinsik yang didasarkan pada kemauan berkembang secara pribadi, lebih menghasilkan dorongan yang bersifat tahan lama dalam proses guru mengajar. Hasil penelitian ini mampu menjadi masukan bagi managemen dalam sekolah untuk mengerti kebutuhan guru dalam membangun komunikasi yang efektif.
Abstrak (Inggris) Study was to analyze the relationship of Organizational Culture and Communication of the motivation of teachers in teaching in the foundation of Saint Dominic Purwokerto. This study uses Organizatinal Culture and Communication Organization as the dependent variable and motivation as an independent variable. This study tested through 62 responden were taken through simple random sampling. The purpose of this study was to find our weather there is any relationship between variables. Research using Product Moment Correlation formula. Relationships between Organizational Culture on Motivation produces a weak effect is 0,086, the relationship between the motivation Organizational Communication also has a weak affect that is equal to 0,182. Cultural Relations, Organizational Communication on motivation has only a weak relationship is 0,05782 and the table with the result of testing F count 0,0083 less than 3,17 resulting from the F table, the result is not significanr. Thus the null hypothesis that there is no sognofocant relationship between the frequency of organizational culture and organizational communication and motivation, is acceptable. Correlation results showed that there is a very weak for all the variables and there is no significant effect between the Organizational Culture Motivation, Motivation and Organizational Communication with Organizational Culture, Organizational Communication with the motivation of teachers in the Foundation of Saint Dominic. The relationship said that motivation teachers teach is not affected by the indicators established in the organizational culture and organizational communication. The activities organized by the Foundation to support the motivation of teaching is not yet able to provide stimulation of motivation for teachers. Intrinsic motivation is based on developing a personal whim, more produce thrust that is durable in the process of teaching teachers. The results of this study can become input for the school management to understand the needs of teachers in establishing effective communication. Keyword: Organizational Culture, Organizational Communication, and Motivation
Kata KunciBudaya Organisasi, Komunikasi Organisasi, dan Motivasi
Nama Pembimbing 1Dr. Toto Sugito, M.Si.
Nama Pembimbing 2Yusida Lusiana, M.Si.,M.Pd
Tahun2012
Jumlah Halaman10
Page generated in 0.0556 seconds.