View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1C008004
Nama MahasiswaHANA KUSUMA HAYUNINGTYAS
Judul ArtikelEFISIENSI PEMASARAN BUAH APEL (Kasus Pemasaran Buah Apel di Kusuma Agrowisata Batu, Malang, Jawa Timur)
AbstrakKusuma Agrowisata merupakan salah satu supplier buah apel terbesar di Kota Batu. Kota Batu merupakan salah satu daerah sentra produski apel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Saluran pemasaran buah apel di Kusuma Agrowisata Kota Batu, Malang, Jawa Timur, (2) Marjin pemasaran buah apel pada setiap saluran pemasaran, (3) Produsen’s share pada masing-masing saluran pemasaran dan (4) Saluran pemasaran yang paling efisien berdasarkan indeks efisiensi teknis dan indeks efisiensi ekonomis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada empat saluran pemasaran di Kusuma Agrowisata, yaitu: (I) Departemen Trading – Konsumen, (II) Departemen Trading – Pedagang Besar - Pedagang Retailer – Konsumen, (III) Departemen Trading - Pedagang Retailer – Konsumen, (IV) Departemen Trading - Pedagang Besar - Pedagang Kecil– Konsumen, (2) Besarnya marjin pemasaran buah apel pada masing-masing saluran yaitu : saluran I sebesar Rp7.500,00 per kg, pada saluran II sebesar Rp19.990,00 per kg saluran III sebesar Rp17.947,00 per kg dan saluran IV sebesar Rp8.833,00 per kg, (3) Produsen’s share pada masing-masing saluran yaitu : saluran I sebesar 40 persen, saluran II sebesar 20 persen, saluran III sebesar 21 persen dan saluran IV sebesar 36 persen dan (4) Saluran pemasaran I merupakan saluran yang paling efisien secara teknis maupun ekonomis, karena memiliki nilai indeks efisiensi teknis terkecil dan indeks efisiensi ekonomis terbesar.
Abstrak (Inggris)Kusuma Agrowisata is one of the biggest apple suppliers in Batu. Batu city is one of central area of apple produciton. The aims of the research are knowing (1). the marketing channels of apple in Kusuma Agrowisata (2). Marketing marjin in every marketing channels , (3). Produsen’s share ini every marketing channels, and (4) the most efficient marketing channels base on technical efficiency index and economical efficiency index. The research method used was survey method. The result of this research showed that: (1) There are four marketing channels in Kusuma Agrowisata, they are : (I) Trading Department – Consumers, (II) Trading Department – Middleman – Modern Retailer – Consumers, (III) Trading Department – Modern Retailer – Consumers, and (IV) Trading department – Middleman – Small Traders– Consumers, (2) Value of marketing marjin in every channels are: channel I is equal to Rp7.500,00/kg, channel II is equal to Rp19.990,00/kg channel III is equal to Rp17.947,00/kg and channel IV is equal to Rp8.883,00/kg, (3) Value of produsen’s share in every channels are: channel I is equal to 40 persen, channel II is equal to 20 persen, channel III is equal to 21 persen and channel IV is equal to 36 persen and (4) First marketing channels is the most eficien of all because its have the smallest technical efficiency index and the biggest economical efficiency index.
Kata Kunciefisiensi, pemasaran, buah apel, Kusuma Agrowisata
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Suyono, M.S.
Nama Pembimbing 2Altri Mulyani Sp. M.Sc.
Tahun2012
Jumlah Halaman15
Page generated in 0.0558 seconds.