View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1A008013
Nama MahasiswaADITYA AYON ISMAYOGI
Judul ArtikelKekerasan dalam Dunia Pendidikan (Studi Analisis Isi Kekerasan dalam Dunia Pendidikan pada News Website Okezone.com)
AbstrakPenelitian ini merupakan studi analisis ini kasus kekerasan dalam dunia pendidikan yang diambil dari media berita okezone.com. Penelitian ini mengungkap bagaimana bentuk kekerasan, faktor yang mendasari tindakan kekerasan, jenjang pendidikan yang paling banyak terjadi kasus tindakan kekerasan serta siapa yang paling sering menjadi korban dan pelaku kekerasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kekerasan yang sering terjadi dalam pendidikan adalah kekerasan fisik, yang banyak dilakukan di jenjang pendidikan SMA, sementara kekerasan psikis dan seksual banyak terjadi di jenjang pendidikan SD dan SMP. Faktor yang paling banyak berpengaruh adalah nafsu birahi. Pelaku tindakan kekerasan dalam dunia pendidikan lebih banyak dilakukan oleh guru kepada anak didiknya, sedangkan menurut jumlah jenis kelamin, laki-laki lebih banyak berperan dalam terjadinya kasus-kasus kekerasan tersebut, baik sebagai korban maupun pelaku. Penelitian ini juga mencoba memberikan solusi mengenai cara untuk meminimalisir tindakan kekerasan dalam dunia pendidikan. Salah satunya adalah dijelaskan mengenai apa yang disebut dengan humanisasi pendidikan. Selain itu, penelitian ini juga menjelaskan dampak positif dan negatif dari tindakan kekerasan dalam dunia pendidikan.
Abstrak (Inggris)This research is a case study analysis of violence in the world of education taken from the news media okezone.com. This study reveals how forms of violence, the factors underlying violence, education level of the most common cases of violence and who are most often the victims and perpetrators of violence. The results of this study indicate that the forms of violence that often happens in education is physical violence, which is mostly done in high school education, while psychological and sexual violence prevalent in primary and secondary education. The most influential factor is lust. Perpetrators of acts of violence in the world of education is mostly done by the teachers to their students, while according to the amount of sex, more male role in the occurrence of cases of violence, both as victims and perpetrators. The study also tried to provide a solution on how to minimize violence in the world of education. One is clear about what is called the humanization of education. In addition, this study also describes the positive and negative effects of violence in the world of education.
Kata KunciPendidikan, kekerasan, dampak, humanisasi pendidikan.
Nama Pembimbing 1Dra. Mintarti, M.Si
Nama Pembimbing 2Drs. Tri Sugiarto, M.Si
Tahun2012
Jumlah Halaman10
Page generated in 0.0451 seconds.