View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1B007032
Nama MahasiswaYUNI EKOWATI
Judul ArtikelEFEKTIVITAS PELAYANAN ORGANISASI (STUDI EFEKTIVITAS PELAYANAN KTP DI KECAMATAN KROYA)
AbstrakPelayanan KTP di Kecamatan Kroya diselenggarakan dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) serta pada bulan April tahun 2012 telah dilaksanakan pula penerapan e-KTP yang dilandasi dengan UU nomor 35 Tahun 2010 tentang cara dan teknik pembuatan e-KTP. Sistem pelayanan KTP semakin berkembang dengan penggunaan system informasi yang semakin meningkat sedangkan SDM cukup terbatas serta jumlah penduduk wajib KTP yang cukup banyak. Penelitian ini memfokuskan untuk mengetahui bagaimanakah efektivitas pelayanan KTP di Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui serta mendeskripsikan efektivitas pelayanan KTP menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pemilihan informan menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data yang telah diperoleh diuji dengan cara triangulasi sumber. Setelah diadakan penelitian tentang efektivitas pelayanan KTP di Kecamatan Kroya berdasarkan pada model proses internal yang terdiri dari aspek pengelolaan informasi dan komunikasi, partisipasi dalam pembuatan keputusan dan perencanaan serta pengawasan dalam pelaksanaan tugas telah menunjukkan pelaksanaan pelayanan KTP di Kecamatan Kroya cukup efektif dengan dikelolanya ketiga aspek tersebut dengan cukup baik ditunjang dengan pengawasan yang dilakukan oleh internal kecamatan, pusat serta masyarakat.
Abstrak (Inggris)KTP (ID card) service in the District Kroya organized by the Population Administration Information System (SIAK) and in April 2012 has been carried out as well the implementation of e-ID cards are based on the Law No. 35 Year 2010 concerning the ways and techniques of making e-ID card. ID card service System growing with the use of information systems has increased while HR is fairly limited and the number of people who pretty much compulsory ID cards. This research focuses to know how effective ID card service in District Kroya Cilacap. The purpose of this study was to determine and describe the effectiveness of the ID card service in District Kroya Cilacap used a qualitative descriptive method. The selection of informants using purposive sampling method. The data used are primary data and secondary data. Data collection techniques using in-depth interviews, observation and documentation. To ensure the validity of test data that has been acquired by means of triangulation of sources. Having conducted research on the effectiveness of ID service in District Kroya based on the internal process model that consists of the management aspects of information and communication, participation in decision making and planning as well as monitoring the implementation of the tasks have shown the implementation of the ID card service in District Kroya managed quite effectively with these three aspects is fairly well supported with internal supervision by district, and community centers.
Kata Kuncieffectiveness, service, organization.
Nama Pembimbing 1Dr. Ali Rohman, M.Si.
Nama Pembimbing 2Drs. Darmanto S.S., M.Kes., M.Si.
Tahun2012
Jumlah Halaman127
Page generated in 0.0594 seconds.