View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1C008049
Nama MahasiswaFANI TRI ARINI
Judul ArtikelPeranan Komunikasi Pembangunan Berkelanjutan dalam Mengembangkan Hutan yang Berkelanjutan pada Masyarakat Desa Hutan Rawa Kuna Cilacap
AbstrakPenelitian ini berjudul Peranan Komunikasi Pembangunan Berkelanjutan dalam Mengembangkan Hutan yang Berkelanjutan pada Masyarakat Desa Hutan Rawa Kuna Cilacap. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana peranan komunikasi pembangunan berkelanjutan yang diterapkan pada program pengembangan hutan yang berkelanjutan seperti PHBM di LMDH Rawa Kuna Cilacap. Penelitian ini dilaksanakan di pos LMDH Rawa Kuna, di kantor BKPH Rawa Timur KPH Banyumas Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pemilihan dalam penelitian ini adalah dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Sasaran dalam penelitian ini adalah pihak yang terkait dalam Program Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) di LMDH Rawa Kuna Cilacap. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa peranan komunikasi pembangunan berkelanjutan dalam program PHBM di LMDH Rawa Kuna cenderung hanya dapat mengintegrasikan aspekii aspek berkelanjutan pada kawasan hutan darat meskipun kelurahan Kutawaru juga memiliki kawasan hutan mangrove. Pada kawasan hutan darat, aspek sosial ditunjukan dengan adanya inisiatif dan partispasi masyarakat dalam menjalankan program PHBM, kemudian pada aspek ekonomi ditunjukan dengan tersedianya lapangan pekerjaan baru sebagai pesanggem (petani hutan) yang mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat sedangkan, pada aspek lingkungan ditandai dengan keterlibatan masyarakat dalam menjaga kelestarian kawasan hutan darat di sekitar mereka.
Abstrak (Inggris)The research titled is Role of Communication Development in Developing Sustainable Forest in Community Desa Hutan Rawa Kuna Cilacap. The purpose of this research is find out how the role of development communication that applied on forest development programme that sustainable such as PHBM in LMDH Rawa Kuna Cilacap. This research was held on LMDH’s Pos Rawa Kuna, in BKPH office Rawa Timur KPH Banyumas Barat. Methode of research is qualitative methode with descriptive approach. Technic selection in this research is purposive sampling. Technic data collecting is using indepth interview, documentation and observation. The target in this research is related participant at Forest Management Programme with Community (PHBM) in LMDH Rawa Kuna Cilacap. The result in this research is concluded that role of sustainable communication development in PHBM programme at LMDH Rawa Kuna tend to be integrated sustainable aspects in land forest area, athough Kurawaru’s village has a mangrove area. In land forest area, social aspect indicated with initiative and participation of people in run PHMB programme, and then in economic aspect indicated the availability of new jobs as farmer iii (pesanggem) that can improve economic welfare, and the same time at environment aspect marked by community involvement in maintaining land forest at around area.
Kata KunciKomunikasi, Berkelanjutan, PHBM, Pengembangan, Hutan
Nama Pembimbing 1Drs.Ch. Herutomo, M.Si.
Nama Pembimbing 2Shinta Prastyanti, M.A
Tahun2012
Jumlah Halaman125
Page generated in 0.0534 seconds.