View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1C008099
Nama MahasiswaHINITIANA NOVI FERDIANTI
Judul ArtikelADAT PERKAWINAN KELUARGA KETURUNAN “WONG KALANG” (KAJIAN ETNOGRAFI KOMUNIKASI TENTANG BUDAYA MEMILIH PASANGAN HIDUP PADA KELUARGA KETURUNAN WONG KALANG DI KECAMATAN BULUSPESANTREN KABUPATEN KEBUMEN)
AbstrakPenelitian ini berjudul ADAT PERKAWINAN KELUARGA KETURUNAN “WONG KALANG” (KAJIAN ETNOGRAFI KOMUNIKASI TENTANG BUDAYA MEMILIH PASANGAN HIDUP PADA KELUARGA KETURUNAN WONG KALANG DI KECAMATAN BULUSPESANTREN KABUPATEN KEBUMEN). Latar belakang penelitian ini adalah di tengah-tengah masyarakat Kebumen ditemukan adanya kelompok masyarakat “wong kalang” yang endogami, yaitu bentuk perkawinannya masih menggunakan aturan-aturan tertentu yang tidak dilakukan oleh kelompok masyarakat lain dengan pendekatan etnografi komunikasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aktivitas komunikasi menggunakan bahasa diantara anggota keluarga masyarakat kalang ketika memilih pasangan hidup dan untuk mengetahui proses transmisi nilai-nilai adat komunikasi intra budaya masyarakat kalang. Adapun temuan hasil penelitian yang diperoleh adalah Adat pemilihan pasangan hidup oleh keluarga kalang masih ada hingga kini dengan beberapa alasan positif demi kelangsungan rumah tangga pasangan suami-isteri dari keturunan wong kalang. Pernikahan sesama kalang merupakan salah satu aturan yang dilakukan bukan dengan cara perjodohan secara langsung, tetapi mencoba mengenalkan para anak-anak pasangan wong kalang yang sudah cukup umur untuk menikah dengan anggota keluarga wong kalang lain. Namun, saat ini banyak yang tidak menikah dengan sesama kalang tidak seperti para pendahulu mereka. Transmisi budaya yang dilakukan oleh generasi penerus wong kalang untuk menikahkan anak-anak mereka dengan sesama wong kalang merupakan suatu kesepakatan dari leluhur mereka. Kini, kebudayaan tersebut masih ada tapi tidak seketat dulu. Saat ini banyak anggota wong kalang yang melanggar aturan tersebut yaitu dengan menikah bukan dengan sesama anggota anggota wong kalang. Dengan demikian bahwa budaya adat perkawinan yang dimiliki wong kalang yang ada sejak para leluhur wong kalang telah mengalami pergeseran atau perubahan.
Abstrak (Inggris)This research entitled MARRIAGE CUSTOM OF "WONG KALANG" DESCENDANTS (ETHNOGRAPHIC STUDY OF COMMUNICATION ABOUT CULTURE IN CHOOSING COUPLE FOR FAMILY OF WONG KALANG DESCENDANTS IN BULUSPESANTREN SUB-DISTRICT OF KEBUMEN REGENCY). The background of this research is the existence of Wong Kalang among Kebumen regency which is endogamy, that is the form of its marriage still using certain regulations which not done by other groups of society with ethnographic communication approach. The aim of this research is to understand communication activity that is used among family members of Kalang when choosing their couple and to understand the transmission process of communication culture values inside Kalang society's culture. The result of this research is  the custom of choosing couple by family in Kalang family still exists until now with some positive reasons for the sake ofKalang couple's family sustainability. A marriage of fellow Kalang is one of rules that done by not arranging the marriage directly, but trying to introduce the child of a family to another Kalang family in order to wed them. But nowadays there are Kalang society who not marry with fellow Kalang unlike their ancestors. Now the custom still exists but not as tight as in the past. Nowadays many members of Wong Kalang who break the rules that is getting married with non-Kalang family members. Thus, marriage custom of Wong Kalang that already existed since its ancestors era has experienced a lot of frictions and changes.
Kata Kuncimemilih pasangan, wong kalang
Nama Pembimbing 1Drs. Bambang Widodo, M.Par.
Nama Pembimbing 2Drs. Chusmeru, M.Si.
Tahun2012
Jumlah Halaman117
Page generated in 0.0516 seconds.