View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)I1A006055
Nama MahasiswaTOMI WAHDI WIBOWO
Judul ArtikelANALISA PENGARUH KOMBINASI LAMPU PIJAR, TL DAN LAMPU HEMAT ENERGI TERHADAP KUALITAS DAYA LISTRIK DI RUMAH TANGGA
AbstrakPenggunaan lampu hemat energi untuk menggantikan lampu TL yang dianggap memiliki efisiensi (PF) yang rendah mengakibatkan gangguan harmonisa yang semakin besar. Pengunaan lampu secara homogen memiliki kelemahan baik secara inefisiensi maupun harmonisa yang ditimbulkan. Untuk mengurangi kelemahan tersebut penggunaan lampu dapat dikombinasikan agar efisiensi dapat meningkat dan THDi dapat diturunkan. Pada pemasangan yang dilakukan secara kombinasi dari ketiga jenis lampu tersebut akan mempengaruhi besarnya THDi dan PF. Pada pemasangan secara kombinasi yang dilakukan, semakin banyak lampu LHE yang terpasang maka THDi akan semakin meningkat. Semakin banyak lampu TL yang terpasang maka PF akan semakin turun. Apabila lampu pijar yang terpasang semakin banyak maka THDi akan semakin turun dan PF akan semakin naik.
Abstrak (Inggris)The use of compact fluorscent lamp to replacing Fluorescent lamp, which is thought have low efficiency (PF) that causing greater harmonic disturbances. the use of homogeneous lamp have weekness in efficiency and harmonics. to reduce the weekness, the use of lamp can be combined in order to increasing efficiency and decrease THDi. In the combining installation of three types of lamp will affected to THDi and PF. In the combined installation, more compact fluorescent lamp atthaced, so the THDi will increase. More Fluorescent lamp attached , so PF will decrease. more incandescent lamp attached, THDi will decrease and PF will increase.
Kata Kuncikombinasi lampu, PF, harmonisa
Nama Pembimbing 1Hari Prasetjo, ST., MT.
Nama Pembimbing 2Daru Tri Nugroho, ST., MT.
Tahun2012
Jumlah Halaman14
Page generated in 0.0639 seconds.