View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)I1A006056
Nama MahasiswaSOFIYUDIN DWI LAKSONO
Judul ArtikelSTUDI PERBAIKAN FAKTOR DAYA PADA PENYEARAH SATU FASA MENGGUNAKAN BOOST UP CHOPPER DENGAN KONTROL PROPORTIONAL INTEGRAL (PI)
AbstrakPenggunaan konverter berbasis rangkaian elektronik mengakibatkan pembangkitan harmonisa tegangan dan arus disisi sumber. Pada kasus penyearah satu fasa yang hanya menggunakan filter kapasitor dan induktor pada sisi keluaran penyearah atau yang sering disebut dengan penyearah konvensional, terdapat masalah kualitas pada sisi masukan dimana bentuk arus masukan yang tidak sinus lagi dan muncul harmonisa pada sisi masukan penyearah yang menyebabkan power faktor menjadi rendah. Salah satu rangakain yang dapat diaplikasikan untuk penyearah satu fasa adalah DC Chopper yang dilengkapi dengan PI (Propotional Integral) kontrol yang digunakan untuk mengkonversikan tegangan searah tetap menjadi tegangan searah yang dapat divariasikan dengan mengatur waktu membuka dan menutupnya saklar statis yang terhubung di antara sumber dan beban terpasang sebagai salah satu Metode perbaikan faktor daya pada penyearah satu fasa. Pengujian dilakukan dengan menggunakan software Power PSIM Professional Version 9.0.3.400 untuk mengetahui pembangkitan harmonisa yang dibangkitkan disisi sumber (tegangan jala-jala) pada penyearah satu fasa. Hasil evaluasi dan analisa dalam studi kasus pada penyearah konvensional menunjukkan pembangkitan THD arus yang cukup besar (168,5%), sedangkan harmonisa tegangan disisi sumber menghasilkan persentase THD tegangan yang tidak terlalu besar (0,018 %).
Abstrak (Inggris)The use of converter based on electronic circuits resulting the generation of harmonic voltage and current at source. In the case of single phase rectifier when using filter capacitors and inductors at the output of the rectifier, often referred to as a conventional rectifier, it has any shortage or weaknesses in quality of the inputs.There are the shape of input current being incomplete and harmonics will appear in the input rectifier, causing power factor became low. The way to solve this problem is by applied of DC Chopper which it have a PI(proportional integral) control. It used to convert the fixed direct voltage to the direct voltage which can be varied by adjusting the opening and closing of time static switch that connected between the source and the load. The examination is done by using the Power PSIM Professional Version 9.0.3.400 software to determine the generation of source harmonics signal (grid voltage) in a single phase rectifier. The results of the evaluation and analysis of the case studies shown the huge increase of current THD (168.5%), while the harmonics source voltage shown the enough percentage of Voltage THD (0.018%).
Kata Kuncipenyearah satu fasa, Boost-up chopper, perbaikan faktor daya
Nama Pembimbing 1Dr.Eng Suroso, ST., M.Eng.
Nama Pembimbing 2Daru Tri Nugroho, ST., MT.
Tahun2012
Jumlah Halaman14
Page generated in 0.0499 seconds.