View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1C008053
Nama MahasiswaNANIS EKASARI
Judul ArtikelKAJIAN FAKTOR SOSIAL INTERNAL YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI KEBUTUHAN PETANI DALAM BERUSAHATANI MELATI (Studi Kasus di Kelompok Tani Bina Tani Kecamatan Suradadi KabupatenTegal)
AbstrakTujuan penelitian ini adalah menganalisis motivasi kebutuhan petani dalam berusahatani melati dan menganalisis keeratan hubungan antara faktor sosial internal petani dalam berusahatani yang meliputi usia petani, tingkat pendidikan petani, jumlah tanggungan keluarga, pengalaman berusahatani, dan luas lahan dengan motivasi kebutuhan petani berusahatani melati. Penelitian ini dilakukan di Desa Sidoharjo Kecamatan Suradadi, desa ini dipilih karena merupakan sentra produksi melati di Kabupaten Tegal.Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep motivasi Maslow. Analisis yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas, metode likert summated ratings yang dilanjutkan dengan MSI, korelasi range spearman dan uji t. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa petani melati dalam berusahatani melati, termotivasi karena kebutuhan fisiologis, rasa aman, dan kasih sayang. Faktor sosial internal petani dalam berusahatani yang memiliki hubungan signifikan dengan motivasi petani yaitu tingkat pendidikan, jumlah tanggungan, dan pengalaman usahatani, sedangkan untuk usia dan luas lahan tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan motivasi petani.
Abstrak (Inggris)The aim of this research is to analyze farmers needs motivation in farming jasmine and analyze the close relation between farmers internal social factors in farming which include the farmers age, the farmers education level, the family’s total charge, the farming experience and the total area of the field with the farmers needs motivation in farming jasmine. The research was conducted in Sidoharjo village, Sub District of Suradadi, Tegal Regency, this village was chosen because it is the center of production of jasmine in Tegal regency. Concepts used in this reseach is the concept of motivation Maslow. The analysis used the validity and reliability, method Summated Likert ratings were followed by MSI, Spearman correlation and t test range. The result of the research showed that the needs motivation of Sidoharjo village farmers only reached over physiological needs, security and affection.The farmers internal social factors in farming which have a relation with the motivation were the education level, the family’s charge and the farming experience, whereas the age and the total area of the field have no relation with the farmer’s motivation.
Kata KunciKata kunci : petani melati, motivasi, faktor sosial petani
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Teguh Djuharyanto, M.P
Nama Pembimbing 2Irene Kartika Eka Wijayanti, S.P., M.P.
Tahun2012
Jumlah Halaman13
Page generated in 0.0469 seconds.