View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1A007104
Nama MahasiswaJOKO PAMUNGKAS
Judul ArtikelIDENTIFIKASI POTENSI EKONOMI DAN HUBUNGANNYA DENGAN PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN CILACAP PERIODE 2001-2010
AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang di laksanakan di Kabupaten Cilacap. Penelitian ini mengambil judul : “Identifikasi Potensi Ekonomi dan Hubungannya dengan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Cilacap Periode 2001-2010”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sektor-sektor ekonomi mana saja yang merupakan sektor potensial untuk dikembangakan sebagai penunjang pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Cilacap dan untuk mengetahui hubungan sektor potensial dengan besarnya penerimaan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Cilacap. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan analisis Location Quotient, analisis Model Rasio Pertumbuhan, dan analisis overlay dapat teridentifikasi bahwa sektor potensial yang ada di Kabupaten Cilacap yaitu sektor pertambangan dan penggalian. Sektor tersebut memiliki pertumbuhan yang cepat dan kontribusi yang besar terhadap PDRB Kabupaten Cilacap. Sedangkan hubungan antara sektor pertambangan dan penggalian dengan Pendapatan asli Daerah kabupaten Cilacap memiliki hubungan positif dan signifikan. Hal ini terlihat dengan semakin meningkatnya pendapatan dari sektor pertambangan dan penggalian maka semakin besar juga pendapatan asli daerahnya. Implikasi dari kesimpulan diatas adalah pemerintah daerah Kabupaten Cilacap sebaiknya lebih memperhatikan perkembangan dari sektor-sektor potensial. Mengingat peranan dari sektor pertambangan dan penggalian sangat penting bagi perekonomian Kabupaten Cilacap. Selain itu, pemerintah daerah juga dituntut untuk bisa lebih mengoptimalkan sektor potensial tersebut, agar mampu menarik sektor lain yang belum potensial agar dapat menjadi sektor yang potensial. Strategi yang bisa dilakukan oleh pemerintah daerah adalah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan/ketrampilan. Dengan sumber daya yang berkualitas diharapkan akan mampu mengelola semua potensi yang tersedia, demi kemajuan perekonomian daerah. Salah satu peran pemerintah daerah untuk lebih meningkatkan sektor pertambangan dan penggalian adalah perlu meningkatkan infrastruktur yang lebih baik, sebagai contoh adanya fasilitas jalan yang baik maka dapat memperlancar pengiriman bahan baku tambang dan pendistribusiannya. Dengan semakin munculnya berbagai potensi alam yang ada dalam hal sektor pertambangan dan penggalian, pemerintah Kabupaten Cilacap sebaiknya membuka diri kepada investor yang ingin melakukan ekspansi pertambangan di Kabupaten Cilacap sepanjang perusahaan tersebut memenuhi ketentuan undang-undang. Dengan adanya investor di sektor pertambangan diharapkan dapat meningkatkan penerimaan daerah Kabupaten Cilacap.
Abstrak (Inggris)This research is a case study conducted in Cilacap. This research took the title : “The Economic Potential Identification and The Corelation With Local Government Original Receipt in Cilacap 2001-2010 Period”. The purpose of this study is to determine which economic sectors are the potential sector developed as supporting economic growth in Cilacap and to identify potential sector related to the size acceptance local Government original receipt in Cilacap. Based on the research, and data analysis using Quotient Location analysis, Growth Ratio Model analysis, and Overlay analysis could be identified that the existing potential sectors in Cilacap namely mining and spading sectors. These sectorshas fast growth and high contribution to Gross Domestic Regional Product (GDRP) Cilacap. Whereas, the corelation of these sectors with local government original receipt in Cilacap has a positif and significant corelation. It was shown by more increase in local government original receipt in Cilacap. The implication of this conclusion is that the government of Cilacap should more pay attention to the development of the potential sectors. By remembering the role of the mining and speading sector is very important for the economi of Cilacap. On the other hand, the local government must optimalize the potential sector in order to has capability to draw unpotential sector to the potential one. The strategy that could be done by the government is by increasing the human resource quality through the education. By the qualited human resource, it is whises to be able manage any potential sector that is available, for progresing the local economic. The role of the local goverment rising the mining and spading sector is necesary to rise the better infrastructure sector in this activity, such as the good fasilities of the way so that it could speed up in sending and distributing the material. There are many potential natural resources about mining and spading in Cilacap so the goverment should wellcome to the investors that want to expand the mining in Cilacap as long as it is appropiate with the act. The existing of the investors hopely that it could increase the local goverment of Cilacap acceptances.
Kata KunciAnalisis Location Quotient, Analisis Model Rasio Pertumbuhan, dan Analisis Overlay.
Nama Pembimbing 1Agus Arifin, SE. M.Sc
Nama Pembimbing 2Drs. Indi Sutopo, M.M
Tahun2012
Jumlah Halaman17
Page generated in 0.0626 seconds.