View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)H1F008023
Nama MahasiswaWIAN ASTIANTO
Judul ArtikelGEOLOGI DAN ANALISIS STRUKTUR DAERAH JINGKANG DAN SEKITARNYA KECAMATAN AJIBARANG, KABUPATEN BANYUMAS, JAWA TENGAH
AbstrakAbstrak Jawa Tengah, merupakan daerah yang menunjukan indentasi pada garis pantai sebelah utara dan selatannya apabila dibandingkan dengan garis pantai di Jawa Timur dan Jawa Barat. Indentasi ini merupakan expresi dari gejala tektonik di Pulau Jawa. Gejala tektonik Paleogene Pulau Jawa yang berbelok ke arah Meratus (Kalimantan) menyebabkan terbentuknya dua sesar utama di Jawa Tengah. Daerah penelitian terletak di sekitar daerah Jingkang – Batuanten – Kalitapen Kabupaten Banyumas, Jawa tengah yang termasuk dalam sub cekungan Banyumas. Daerah ini umumnya di dominasi oleh endapan turbidit dengan sesar-sesar mendatar dan lipatan yang menghasilkan tinggian dan cekungan yang membentuk suatu control struktur di daearah penelitian yang menarik untuk dapat dilakukan penelitian lebih rinci. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini berupa pemetaan geologi yang mencakup geomorfologi daerah penelitian dengan pengamatan peta topografi, kondisi morfologi dan stratigrafi daerah penelitian dengan melakukan spot mapping yang hasil dari keduanya di komposit dan struktur geologi daerah penelitian dengan melakukan pengukuran bukti-bukti struktur yang terdapat di daerah peneitian, selain itu studi khusus dilakukan untuk mengetahui karakteristik struktur geologi yang terdapat di daerah penelitian dengan melakukan rekonstruksi dan membuat penampang geologi seimbang yang lebih informatif dan komunikatif. Daerah penelitian memiliki tatanan geologi berupa geomorfologi yang terdiri dari 6 satuan geomorfologi. Stratigrafi dengan 5 satuan batuan tidak resmi. Struktur geologi daerah penelitian berupa sesar - sesar mendatar, antiklin dan sinklin dengan pemendekan regional berkisar 18% - 24.7 % dan kedalaman detachment berkisar 1134 m – 2121,666 m. Kata kunci : geologi, kontrol struktur, pemendekan, Jingkang, Ajibarang.
Abstrak (Inggris)Abstract Central Java is an area that shows indentation in northern and southern shoreline if compared with shoreline that located in East Java and West Java. This indentation is an expression from tectonic phenomenon in Java island. Paleogen Tectonic phenomenon of java island that turned to Meratus (Borneo) causes there are formed two of main fault in Central Java. The research area is located in the vicinity of Jingkang - Batuanten - Kalitapen Banyumas regency, Central Java of sub basins Banyumas. This area is generally dominated by turbidite deposition by cesarean-section and horizontal folds that produce heights and hollows that form a control structure area interesting research to do more detailed research. The investigation method that done in this investigation was a geological mapping that includes geomorphology by observing topography map and morphology condition,; stratigraphy by doing spot mapping, and measuring section which both of these result will be composited; and geology structure by doing measurement of structure sign in the investigation area, besides specific study also done to know about characteristic of structure geology that existed in this area by doing reconstruction and making balance geology cross section that more informative and more communicative. Investigation area has the geological condition such as geomorphology that consisted of 6 geomorphology units. Stratigraphy with 5 litology units, that 2 of them are deposited in submarine by submarine fan system and 1 of them is deposited in shallow marine. Geology structure of investigation area is Tear fault, transform fault anticline and sincline with regional shortening is approximately 18% - 24.7 % and depth of detachment is approximately 1134 m – 2121,666 m.
Kata Kuncistruktur jingkang
Nama Pembimbing 1Dr. Chalid Idham Abdullah
Nama Pembimbing 2Asmoro Widagdo ST., MT
Tahun2013
Jumlah Halaman15
Page generated in 0.0508 seconds.