View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)G1F008011
Nama MahasiswaGINA BAYYINA HAYATUNNUFUS
Judul ArtikelPengaruh Konseling Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Hamil Pada Penggunaan Asam Folat Di Kecamatan Sadananya Ciamis Jawa Barat
AbstrakAsam folat termasuk salah satu asupan nutrisi yang penting untuk ibu hamil. Kekurangan asam folat pada ibu hamil akan beresiko terjadinya anemia megaloblastik dan pada bayi akan beresiko gangguan jantung, bibir sumbing, cacat saluran kemih pada janin dan cacat pembuluh syaraf. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling terhadap perubahan pengetahuan dan sikap ibu hamil pada penggunaan asam folat di Kecamatan Sadananya Ciamis Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan kuisioner yang divalidasi dengan rancangan “One Group Pretest-Postest. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Besar sampel yang digunakan adalah 74 ibu hamil. Analisis data yang digunakan adalah Wilcoxon Signed-Rank test untuk menganalisis hubungan pengetahuan dan sikap responden antara sebelum dan sesudah mendapatkan konseling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 74 ibu hamil terdapat perubahan pengetahuan dan sikap antara sebelum dan sesudah konseling. Berdasarkan analisis menggunakan Wilcoxon Signed-Rank test diperoleh nilai P-value untuk pengetahuan dan sikap antara sebelum dan sesudah konseling adalah sebesar <0,0001. Hal ini menunjukan bahwa adanya pengaruh konseling terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap ibu hamil terhadap penggunaan asam folat.
Abstrak (Inggris)Folic acid is one of the essential nutritions for pregnant women. Folic acid deficiency in pregnant women could be at risk of megaloblastic anemia and the baby would be at risk of heart problems, cleft lip, urinary tract defects and fetal neural tube defects. The Purpose of this studied was to determine the effect of counseling to the changes knowledge and attitudes of pregnant women on the used of folic acid in the Sadananya District, Ciamis, West Java. This studied was used a validated questionnaire and "One Group Pretest-posttest design. Sampling was done by purposive sampling technique. Sample used 74 pregnant women. Analyzed of the data used was the Wilcoxon Signed-Rank test to analyze the relationship between knowledge and attitudes of the respondents before and after counseling. The results showed that there was a significant difference between knowledge and attitudes before and after counseling in 74 pregnant women. Based on an analysis used the Wilcoxon Signed-Rank test, the P-value of knowledge and attitudes before and after counseling was at <0.0001. That showed there was an effect of counseling on improving the knowledge and attitudes of pregnant women on the used of folic acid.
Kata KunciAsam folat, konseling, pengetahuan, sikap
Nama Pembimbing 1Vitis Vini Fera Ratna Utami, M.Sc., Apt
Nama Pembimbing 2Tunggu Adi Purwonugroho, M.Sc., Apt
Tahun2013
Jumlah Halaman12
Page generated in 0.0563 seconds.