View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1C008024
Nama MahasiswaHAYUN ASEKHA
Judul ArtikelSEGMENTASI PASAR BUAH IMPOR BERDASARKAN PERILAKU KONSUMEN DI PASAR BUAH KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES
AbstrakPara pemasar dalam mempersiapkan suatu strategi pemasaran sebuah produk harus meneliti hubungan antara produk yang dijualnya dengan perilaku konsumen, sehingga diharapkan dapat memasarkan produknya dengan baik. Para pemasar hendaknya dapat menentukan segmen pasar yang akan dilayani, agar program pemasaran yang dijalankan lebih efektif. Salah satu cara membentuk segmen pasar yaitu berdasarkan tingkah laku konsumen. Penelitian ini menganalisis segmentasi pasar buah impor berdasarkan perilaku konsumen di pasar buah Kecamatan Brebes. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengidentifikasi segmentasi pasar buah impor berdasarkan perilaku konsumen, (2) Mengetahui perbedaan antar segmen konsumen buah impor dalam karakteristik sosial ekonomi, (3) Mengetahui profil konsumen buah impor pada tiap segmen. Hasil penelitian menunjukkan: Konsumen buah impor di Kecamatan Brebes berdasarkan perilaku konsumen dapat dikelompokkan ke dalam tiga segmen. Variabel yang dapat membedakan antar segmen tersebut yaitu faktor prestis/gengsi, harga, kualitas, dan tingkat pemakaian. Perbedaan tiap segmen dapat dilihat berdasarkan karakteristik sosial ekonomi. Karakteristik sosial yaitu pada jenis pekerjaan konsumen tidak dapat menjadi pembeda antar segmen, sedangkan karakteristik ekonomi yang membedakan segmen yaitu tingkat pendapatan konsumen. Profil antar segmen tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Konsumen diseluruh segmen mempunyai keadaan sosial ekonomi yang sama.
Abstrak (Inggris)The marketers in preparing their market strategies of a product should analyzed the correlations between the product and consumer behaviours, with the hope that it will be well marketing. The marketers suppose to determine the market segmentations that will take care of, in order to running the most effective marketing programs. One of the ways to form segments of the market that is based on the behavior of consumers. This research analyze market segmentation of import fruit base on consumers behavior fruit market in Brebes district. The purpose of this study is to: (1) identify the fruit import market segmentation based on consumer behavior, (2) tell the difference between a consumer segment fruit imports in the socio-economic characteristics, (3) knowing the profile of consumers of fruit imports in each segment. The results showed: Consumers of fruit imports in the Brebes district based on consumer behavior can be grouped into three segments. Variables that can distinguish between these segments i.e. prestige/prestige factor, price, quality, and level of usage. The differences of each segment can be seen based on the characteristics of the social economy based on fruit imports. Social characteristics of the type of work cannot be the differentiator between segmen, whereas the economic characteristics that distinguish a segment that is the level of income of the consumer. Intercultural profile segment showed no significant differences. Consumers throughout the segments have similar socio-economic circumstances.
Kata Kuncisegmentasi, buah impor, perilaku konsumen.
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Anisur Rosyad, M.S.
Nama Pembimbing 2Ir. Ari Purwaningsih, M.Si
Tahun2013
Jumlah Halaman12
Page generated in 0.0582 seconds.