View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)E1A007051
Nama MahasiswaFRISKA FAULLINA
Judul ArtikelKEKUATAN PEMBUKTIAN SAKSI KORBAN DALAM TINDAK PIDANA PEMERKOSAAN TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR (Tinjauan Yuridis terhadap Putusan Nomor:122/Pid.B/2009/PN.Pwt)
AbstrakABSTRAK KEKUATAN PEBUKTIAN SAKSI KORBAN DALAM TINDAK PIDANA PEMERKOSAAN TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR (Tinjauan Yuridis terhadap Putusan Nomor: 122/Pid.B/2009/PN.Pwt) Oleh : Friska Faullina E1A007051 Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisa alasan saksi korban di hadirkan dalam tindak pidana perkosaan pada Putusan Nomor 122/Pid.B/2009/PN.Pwt. Selain itu juga ditujukan untuk mengetahui dan menganalisa kekuatan alat bukti saksi korban dalam pembuktian terhadap tindak pidana pemerkosaan anak di bawah umur pada Putusan Nomor 122/Pid.B/2009/PN.Pwt. Guna mencapai tujuan tersebut maka peneletian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan yuridis normatif. Data sekunder yang terkumpul kemudian diolah, disajikan, dan dianalisa secara kualitatif dengan penyajian data teks naratif. Hasil penelitian menyatakan bahwa, Peranan kehadiran saksi korban dalam persidangan tindak pidana perkosaan pada Putusan Nomor 122/Pid.B/2009/PN.Pwt adalah sebagai petunjuk yang dapat digunakan oleh hakim karena petunjuk tersebut memiliki persesuaian dengan alat bukti lain. Saksi korban dihadapkan kepersidangan sangat dibutuhkan guna mengungkap alur peristiwa tindak pidana perkosaan disamping alat bukti lainnya. Keterangan saksi korban FR dan PMS dapat dikategorikan sebagai kualifikasi petunjuk karena korban masih dibawah umur atau kategori anak. Dalam hal ini pada kesaksian tertulis saksi korban tidak melekat pembuktian yang sempurna (volledig bewijs kracht) dan juga tidak melekat di dalamnya sifat kekuatan pembuktian yang mengikat dan menentukan (besliessende bewijs kracht), hal ini karena sifat petunjuk yang memberikan keyakinan bagi hakim. Nilai kekuatan pembuktian kesaksian korban yang merupakan petunjuk tergantung pada penilaian hakim. Hakim bebas untuk menilai kesempurnaan dan kebenarannya tergantung pada penilaian hakim untuk menganggapnya memiliki keterkaitan atau tidak. . Kata kunci: Kekuatan Saksi anak di bawah umur
Abstrak (Inggris)ABSTRACT VICTIM WITNESS THE POWER OF EVIDENCE IN RAPE CRIME AGAINST MINORS (Judicial Review of the Decision Number: 122/Pid.B/2009/PN.Pwt) By: Friska Faullina E1A007051 The research was conducted with the aim to identify and analyze the reasons in the present witnesses in criminal rape in Decision No.122/Pid.B/2009/PN.Pwt. It also aimed to identify and analyze the strength of the evidence in proving the victims of the offenses of rape minors in Decision No.122/Pid.B/2009/PN.Pwt. To achieve this goal then peneletian performed using normative judicial approach. Secondary data are collected and processed, presented, and analyze qualitatively with the presentation of narative text data. The results suggest that, Role presence of witnesses in the trial of rape crimes in Decision No.122/Pid.B/2009/PN.Pwt is a guide that can be used by a judge because the instructions have a rapprochement with other evidence. Kepersidangan confronted witnesses are needed in order to reveal the flow of events in addition to rape a crime other evidences. Victim witness FR and PMS can be categorized as a qualified guide because the victim was a minor or child category. In this case the affidavit is not attached to the victim witness a perfect proof (Volledig bewijs kracht) and also not inherent in it the nature of the binding strength of evidence and determine (besliessende bewijs kracht), this is due to the nature of the instructions that give confidence to the judge. Proof strength values that are clues to the victim’s testimony depends on the judge’s assessment. The judge to consider are relevant or not. Keywords: Witness Testimony child under year.
Kata KunciKekuatan Saksi anak di bawah umur ( Witness Testimony child under year )
Nama Pembimbing 1Pranoto, S.H., M.H.
Nama Pembimbing 2Dr. Hibnu Nugroho, S.H., M.H.
Tahun2013
Jumlah Halaman143
Page generated in 0.0582 seconds.