View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)E1A007189
Nama MahasiswaTALENTA GILANG SIDIK PURWANTO
Judul ArtikelPENERAPAN PASAL 8 AYAT 1 HURUF J JO. PASAL 62 AYAT 1 UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PUTUSAN PENGADILAN NEGERI JAKARTA PUSAT NO : 906/PID.B/2011/PN.JKT.PST.
AbstrakPerkembangan kebutuhan masyarakat akan teknologi pada saat ini meningkat dengan sangat pesat. Hal ini dikarenakan kebutuhan teknologi merupakan kebutuhan yang dapat meningkatkan status sosial masyarakat pada lingkungannya. Oleh karena itu menyebabkan para pelaku usaha bersaing untuk melakukan kegiatan usaha dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya kebutuhan teknologi serta untuk mendapatkan keuntungan. Namun dengan adanya persaingan usaha ini menimbulkan kendala yaitu banyaknya pelaku usaha yang melakukan perbuatan sewenang-wenang dalam melakukan kegiatan usahanya yang mengakibatkan kerugian yang akan diderita oleh konsumen, dalam hal ini adalah masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Pasal 8 ayat 1 Huruf J Jo. Pasal 62 ayat 1 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen yang menyatakan tentang “Perbuatan yang Dilarang Bagi Pelaku Usaha” khususnya dalam hal “Memproduksi dan / atau memperdagangkan barang dan / atau jasa yang tidak mencantumkan Informasi dan / atau petunjuk penggunaan barang dalam Bahasa Indonesia sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.” Yang dilakukan oleh kedua terdakwa yaitu RANDY LESTER SAMUSAMU dan DIAN YUDHA NEGARA. Metode yang digunakan adalah Yuridis Normatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa menunjukkan bahwa kedua terdakwa tersebut tidak memenuhi unsur sebagai pelaku usaha dan tidak memiliki kemampuan memproduksi barang serta perbuatan memperdagangkan yang dilakukan hanya bersifat insidentil, kasuistis dan bukan merupakan kegiatan yang sifatnya rutinitas, serta terkait dengan barang yang diperdagangkan yaitu IPAD tidak termasuk ke dalam 45 produk telematika yang wajib dilengkapi dengan petunjuk penggunaan ( manual ) dan kartu jaminan / garansi berbahasa Indonesia, sehingga penerapan Pasal 8 ayat 1 huruf J Jo. Pasal 62 ayat 1 tersebut tidak sesuai dengan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat itu.
Abstrak (Inggris)Growth of requirement of society will be technological at the moment mount fast considerably. This matter because requirement of technological represent requirement of which can improve social status society its environment. Therefore cause perpetrator is effort competing to do business activity as a mean to fulfill requirement of society specially requirement of technological and also to get profit. But with existence of emulation of this effort generate constraint that is to the number of perpetrator is effort have done arbitrary deed in doing its business activity which result loss to be suffered by consumer, in this case is society. This research aim to know Applying Section 8 article 1 Letter J Jo. Section 62 article 1 Law Number 8 Year 1999 About Consumerism which express about "Prohibited deed To Perpetrator is Effort" specially in the case of " Producing and / or commercialize goods and / or service which don’t mention Information and / or guide of usage of goods in Indonesian pursuant to legislation going into effect." Which done by both defendant that is RANDY LESTER SAMUSAMU and DIAN YUDHA NEGARA. Method the used is Yuridis Normatif. Pursuant to result of analysis and research indicate that both the defendant don’t fulfill element as perpetrator is effort and don’t have ability produce goods and also deed commercialize which is done only having the character of insidentil, kasuistis and not such a activity which in character rutinitas, and also related to commercialized goods that is IPAD don’t the including into 45 product of telematika which is obliged to provide with guide of usage ( manual ) and guarantee card / warranty have Indonesian, so that applying Section 8 article 1 letter of J Jo. Section 62 the article 1 disagree with decision District Court Of Jakarta Center that. Key Words : Perpetrator is effort, Prohibited deed, Producing, commercializing goods
Kata KunciPelaku usaha, Perbuatan yang Dilarang, Memproduksi, Memperdagangkan Barang
Nama Pembimbing 1Hj. Rochani Urip Salami, S.H., M.S.
Nama Pembimbing 2I.Ketut Karmi Nurjaya, S.H., M.Hum.
Tahun2013
Jumlah Halaman15
Page generated in 0.059 seconds.