View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)E1A007343
Nama MahasiswaSEKAR DHATU INDRI HAPSARI
Judul Artikel UANG KEMBALIAN DARI PELAKU USAHA YANG TIDAK SESUAI DENGAN HAK KONSUMEN DI SPBU OVIS PURWOKERTO (Tinjauan Yuridis Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen)
AbstrakABSTRAKSI UU No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen telah memberikan kekuatan hukum bahwa konsumen mempunyai kedudukan yang sama dengan pelaku usaha, serta untuk menumbuhkan kesadaran konsumen akan haknya terhadap pelaku usaha yang bertindak sewenang-wenang dan juga menumbuhkan kesadaran akan kewajiban pelaku usaha. Permasalahan yang diajukan dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen yang uang kembaliannya tidak sesuai dengan hak konsumen berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Berkaitan dengan hak konsumen untuk menerima uang kembalian, manakala uangnya lebih dari yang semestinya digunakan untuk membayar di SPBU Ovis, adakalanya terjadi peristiwa yang tidak semestinya, dimana para petugas yang melayani pernah tidak mengembalikan sisa uang yang semestinya diterima oleh pihak konsumen. Tindakan ini tentu saja dapat dikategorikan sebagai tindakan yang membuat konsumen merasa tidak nyaman. Adapun metode penelitian yaitu yuridis normatif yaitu dengan pengambilan data dan pengumpulan data yang dilakukan dengan mencari informasi berdasarkan dokumen-dokumen maupun literatur yang berkaitan dengan penelitian, dimana hal ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap konsumen yang uang kembaliannya tidak sesuai dengan hak konsumen berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah SPBU Ovis Purwokerto bertanggung jawab dalam memberikan uang kembalian yang tidak diberikan oleh operator dan melakukan tindakan tegas berupa pemecatan terhadap operator yang bersangkutan. Kata Kunci : Uang Kembalian, Hak Konsumen, SPBU
Abstrak (Inggris)ABSTRACTION Law no. 8 of 1999 on Consumer Protection has given the force of law that consumers have the same position with the actors, as well as to foster consumer awareness are rights against actors who act arbitrarily and grow awareness of the obligation actors. The problems posed in writing this essay is how the law on consumer protection that money is not in accordance with the change of consumer rights by Act No. 8 of 1999 on Consumer Protection. Relating to the rights of consumers to receive money returns, while more than necessary the money used to pay at retail outlets Ovis, sometimes events occur that are not necessarily who the staff who serve have not necessarily return the remaining money that is received by the consumer. This course of action can be categorized as an act of making the consumer feel uneasy. As for research methods namely namely the juridical normative data acquisition and data collection is done by searching for information on documents and literature related to the study, which aims to examine the case law on consumer protection that money is not in accordance with the change of consumer rights pursuant to Code Act No. 8 of 1999 on Consumer Protection. Conclusions of this study are SPBU Ovis Purwokerto responsible in giving money returns that are not provided by the operator and decisive action in the form of dismissal of the relevant operator. Keywords: Money Return, Consumer Rights, Gas Stations
Kata KunciUang Kembalian, Hak Konsumen, SPBU
Nama Pembimbing 1Hj. Rochani Urip Salami, S.H., M.S.
Nama Pembimbing 2I Ketut Karmi Nurjaya, S.H.,M.Hum.
Tahun2013
Jumlah Halaman16
Page generated in 0.0435 seconds.