View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)G1A008125
Nama MahasiswaFANI ADHIKARA
Judul ArtikelHUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG NUTRISI PADA IBU HAMIL DAN LOKASI TINGGAL DENGAN KEBIASAAN PANTANG MAKANAN PADA IBU HAMIL DI KABUPATEN CILACAP
AbstrakABSTRAK Latar Belakang: Angka kematian ibu (AKI) adalah suatu indikator untuk melihat derajat kesehatan perempuan. Angka kematian ibu (AKI) di Kabupaten Cilacap menempati urutan keempat di Provinsi Jawa Tengah dan mengalami peningkatan kembali. Terjadi kematian pada ibu hamil disebabkan karena kekurangan energi kronis (KEK), perdarahan dan infeksi. Hal ini dimungkinkan karena adanya kebiasaan pantang makanan pada ibu hamil. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa pengetahuan, kebudayaan dari lokasi tempat tinggal berhubungan terhadap kebiasaan pantang makanan pada ibu hamil. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan pengetahuan tentang nutrisi pada ibu hamil dan lokasi tinggal dengan kebiasaan pantang makanan pada ibu hamil yang dibagi menjadi dua tempat penelitian yaitu daerah perdesaan dan perkotaan di Kabupaten Cilacap. Metode: Metode penelitian adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling dengan besar sampel 35 pada daerah perdesaan dan 71 pada daerah perkotaan. Penelitian ini dianalisi dengan menggunakan uji Chi-Square dan untuk melihat kekuatan hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat menggunakan uji Koefisien Kontingensi. Hasil: Hasil analisis dengan uji Chi-Square antara pengetahuan tentang nutrisi pada ibu hamil dengan kebiasaan pantang makanan pada ibu hamil menunjukan hasil dengan nilai p-value 0,471 dan antara lokasi tinggal dengan kebiasaan pantang makanan pada ibu hamil menunjukan hasil dengan nilai p-value 0,450. Kesimpulan: Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara pengetahuan tentang nutrisi pada ibu hamil dengan kebiasaan pantang makanan pada ibu hamil dan tidak terdapat hubungan antara lokasi tinggal dengan kebiasaan pantang makanan pada ibu hamil. Kata Kunci : Kebiasaan pantang makanan, ibu hamil, pengetahuan, lokasi tinggal, perdesaan, perkotaan.
Abstrak (Inggris)ABSTRACT Background: Maternal mortality rate (MMR) is an indicator to know the health status of women. The maternal mortality rate (MMR) in Cilacap District ranks fourth in the Central Java Province and has increased again. Maternal death occurs due to chronic energy deficiency, bleeding and infection. This is possible because of the abstinence food habit during pregnancy. Some studies say that the knowledge and culture of location of residence related to abstinence food habits of pregnant women. Object: This study aimed to determine the relationship between knowledge of nutrition on pregnant women and location with abstinence food habits in pregnant women. This study was divided into two study sites which were rural and urban areas in Cilacap. Method: The research method was an observational analytic with cross-sectional approach. Sampling was done by simple random sampling with sample size 35 in rural areas and 71 in urban areas. This study was analyzed using Chi-Square test to see the strength of the relationship between the independent variables and the dependent variables using the contingency coefficient test. Result: The analysis of the result with the Chi-Square test between knowledge about nutrition on pregnant women with abstinence food habits in pregnant women showed that with a p-value 0,471 and between the location with abstinence food habits in pregnant women showed that with a p-value 0,450. Conclusion: From the analysis result can be the resume that there was no correlation between knowledge about nutrition on pregnant women with abstinence food habits in pregnant women and there was no correlation between the location with abstinence food habits in pregnant women. Keywords : Abstinence food habit, pregnant women, knowledge, location, rural, urban.
Kata KunciKebiasaan pantang makanan, ibu hamil, pengetahuan, lokasi tinggal, perdesaan, perkotaan.
Nama Pembimbing 1dr. Joko Mulyanto, M.Sc
Nama Pembimbing 2DR. Rawuh Edy Priyono, M.Si
Tahun2013
Jumlah Halaman11
Page generated in 0.0525 seconds.