View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1G008012
Nama MahasiswaZEIN INDRA SAPUTRA
Judul ArtikelEFISIENSI SALURAN PEMASARAN KOMODITAS SALAK (Salacca edulis) DI KECAMATAN MADUKARA KABUPATEN BANJARNEGARA
AbstrakPenelitian dilaksanakan di Desa Gununggiana, Pakelen dan Kaliurip Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efisiensi saluran pemasaran; mengetahui berapa rasio biaya dan keuntungan; dan mengetahui besarnya farmer’s share. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Pengambilan sampel petani dilakukan dengan metode sensus, dan diperoleh 41 petani. Pengambilan sampel pedagang menggunakan metode snowball sampling dan diperoleh 15 pedagang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis marjin pemasaran; efisiensi teknis dan ekonomis; cost profit ratio; dan farmer’s share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga saluran pemasaran salak di Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara yaitu; (1) Petani → Pedagang pengumpul → Pedagang pengecer → Konsumen, (2) Petani → Pedagang Besar → Pedagang pengecer → Konsumen, (3) Petani → Pedagang pengecer → Konsumen. Marjin pemasaran padasaluran perama sebesar Rp1.696,16 per kilogram, saluran pemasaran kedua sebesar Rp3.266,83 per kilogram, dan saluran ketiga sebesar Rp783,34 per kilogram. Farmer’s share pada saluran pertama sebesar 67,69 persen, saluran pemasaran kedua sebesar 52,45 persen, dan saluran ketiga sebesar 82,19 persen. Bagian biaya pemasaran pada saluran pertama sebesar 6,81 persen, saluran kedua sebesar 45,2 persen, dan saluran ketiga sebesar 4,58 persen. Bagian keuntungan pada saluran pertama sebesar 51,35 persen, saluran kedua sebesar 53,49, dan saluran ketiga sebesar 90,5 persen. Cost Profit Ratio pada saluran pertama sebesar 0,13, saluran kedua sebesar 0,8, dan saluran ketiga sebesar 0,05. Efisiensi teknis dan ekonomis pada saluran pertama sebesar 4,6 dan 7,4, saluran pemasaran kedua sebesar 3,2 dan 1,1, dan saluran ketiga sebesar 1,3 dan 18,1
Abstrak (Inggris)The research was conducted in the village of Gununggiana, Pakelen and Kaliurip District Madukara Banjarnegara Regency. The purpose of this study was to determine the efficiency of marketing channels; know how the ratio of costs and benefits, and find out how much the farmer's share. The research method used was a survey. Sampling was done by the method of census farmer, and obtained 41 farmers. Sampling merchants using snowball sampling method and gained 15 merchants. The method of analysis used is the analysis of marketing margin; technical and economic efficiency; cost profit ratio, and farmer's share. The results showed that there are three marketing channels zalacca in District Madukara Banjarnegara Regency, namely: (1) Farmer → Collector trader → Retailer → Consumer, (2) Farmer → Wholesaler → Retailer → Consumer, (3) Farmer → Retailer → Consumer. The third marketing channel is the most efficient marketing Farmer → Retailer 2 → Consumer. Marketing Margin in the first marketing channel for Rp1.696,16/kilogram, second marketing for Rp3.266,83/kilogram, and a third channel for Rp783,34/kilogram. Farmer’s share on the first line at 67,69 percent, both marketing channel for 52,45 percent, and 82,19 percent for the three channel. Part marketing cost amounted to 6,81 percent of the first channel, the second channel at 45,2 percent, and 4,58 percent for the three channel. Share of the profit on the first channel of 51,35 percent, the second channel of 53,49 percent, and a third channel at 90,5 percent. Cost Profit Ratio of 0,13 on the first channel, the second channel of 0,8, and the third channel of 0,05. Technical and economic efficiency in the first line of 4,6 and 7,4, marketing channel of 3,2 and 1,1 second, and third line of 1,3 and 18,1.
Kata KunciEfficiency , zalacca commodity, Banjarnegara
Nama Pembimbing 1Ir. S. H. Suseno, SU
Nama Pembimbing 2Ir. Hj. Sundari, M.P.
Tahun2013
Jumlah Halaman16
Page generated in 0.0575 seconds.