View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)G1D009053
Nama MahasiswaGUSTOMO RIDHO MEIDIANTO
Judul ArtikelPENGARUH AKTIVITAS MENGGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK RETARDASI MENTAL DI SLB YAKUT PURWOKERTO
AbstrakPENGARUH AKTIVITAS MENGGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK RETARDASI MENTAL DI SLB YAKUT PURWOKERTO Gustomo Ridho Meidianto¹, Dian Ramawati², Nurul Hidayati³ ABSTRAK Latar Belakang: Anak dengan retardasi mental mempunyai gangguan pada keterampilan motorik. Hal ini terjadi karena kematangan system syaraf motorik yang tidak berkembang dengan baik. Akan tetapi, hal itu dapat ditingkatkan dengan memberikan stimulasi yang spesifik untuk mengembangkan fungsi otak dan memperbaiki koordinasi otot. Aktivitas menggambar merupakan stimulasi yang dapat membantu anak retardasi mental melatih dan mengembangkan kemampuan motorik halus. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas menggambar terhadap perkembangan motorik halus pada anak retardasi mental di Sekolah Luar Biasa (SLB) Yakut Purwokerto. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimen dengan one group pre and posttest without control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 22 anak retardasi mental dengan kategori ringan dan sedang kelas 1-3 SD. Metode pengambilan sampel menggunakan total sampling. Analisis data menggunakan uji statistik paired t-test. Hasil: Rerata peningkatan perkembangan motorik halus adalah 8,36 dari skor 14,73 menjadi 23,26. Hasil uji statistik dengan menggunakan paired t-test diperoleh nilai t = -7,908 dan p value = 0.000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan perkembangan motorik halus sebelum dan setelah dilakukan aktivitas menggambar Kesimpulan: Ada pengaruh yang bermakna pada aktivitas menggambar terhadap perkembangan motorik halus anak retardasi mental di SLB Yakut Purwokerto. Kata Kunci: Aktivitas Menggambar, Anak Retardasi Mental, Perkembangan Motorik Halus Referensi : 83 (1983-2012)
Abstrak (Inggris)THE EFFECT OF DRAWING ACTIVITIES ON FINE MOTOR DEVELOPMENT MENTAL RETARDED CHILD AT SLB YAKUT PURWOKERTO Gustomo Ridho Meidianto¹, Dian Ramawati², Nurul Hidayati³ ABSTRACT Background: Children with mental retardation have disturbances in motor skills. This happens because the maturity of the motor nervous system not well developed. However, it can be improved by providing specific stimulation to develop brain function and improve muscle coordination. Stimulatory activity of drawing is to help children with mental retardation to train and develop fine motor skills. Objective: The purpose of this study was to determine the effect of drawing activities on the development of fine motor skills in children with mental retardation at SLB Yakut Purwokerto Methods: This study was a pre-experimental research with one group pre and posttest without control group design. The population in this research were 22 children with mental retardation, mild and moderate category in elementary 1-3 grades. The sampling method were used total sampling. Data was analysed by paired t-test tests. Results: The average increase of fine motor development scores are 8,36 from 14.73 to 23.26. The results of the statistical test using the paired t-test obtained value t = -7.908 and p value = 0.000. The results showed that there was an increase in fine motor development before and after the drawing activity. Conclusion: There was an a significant effect on the activity of drawing to the development of fine motor skills in children with mental retardation. Keywords: Drawing activity, mentally retarded child, fine motor development
Kata KunciAktivitas Menggambar, Anak Retardasi Mental, Perkembangan Motorik Halus
Nama Pembimbing 1DIAN RAMAWATI, S.Kep.Ns. M.Kep.
Nama Pembimbing 2NURUL HIDAYATI, S.Kep.Ns.
Tahun2013
Jumlah Halaman98
Page generated in 0.0753 seconds.