View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1M008027
Nama MahasiswaCINDY FAULIN SUMARDI
Judul ArtikelDETEKSI SIKLAMAT DAN ANALISIS FAKTOR PENYEBAB PENGGUNAANNYA PADA JAMU GENDONG DI KELURAHAN PURWOKERTO WETAN KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR
AbstrakSiklamat diduga berpotensi karsinogenik jika terkonversi menjadi cyclohexyamine di dalam saluran pencernaan.Penelitian ini mengkaji tentang kandungan siklamat pada jamu gendong di Kelurahan Purwokerto Wetan Kecamatan Purwokerto Timur dan faktor yang mempengaruhi penggunaan siklamat pada jamu gendong. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeteksi kandungan pemanis buatan siklamat pada jamu gendong di Kelurahan Purwokerto Wetan; 2) menganalisis faktor penyebab penggunaan siklamat pada jamu gendong di Kelurahan Purwokerto Wetan.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu survei dan uji laboratorium. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dan kuisioner untuk memperoleh data. Banyaknya pedagang yang diwawancarai ditentukan dengan menggunakan rumus Sanjana dengan tingkat kesalahan 5% (N=21, n=16). Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah kandungan siklamat pada jamu gendong, tingkat pengetahuan, tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan pedagang jamu gendong.Hasil penelitian ini menunjukkan 50% pedagang jamu gendong di Kelurahan Purwokerto Wetan menggunakan siklamat lebih dari 1000 mg/L. Faktor yang menyebabkan penggunaan siklamat adalah penghematan biaya produksi. Tingkat pengetahuan, tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan pedagang jamu gendong bukan merupakan faktor penyebab penggunaan siklamat pada jamu gendong di Kelurahan Purwokerto Wetan.
Abstrak (Inggris)Cyclamate suspected carcinogenic potentially if converted be cyclohexyamine in the digestive track.This research study about contentment of cyclamate in “jamu gendong” in Purwokerto Wetan Village and factors that affected the use of cyclamate in “jamu gendong”. The aims of this research are 1) to detect contentment of cyclamate in “jamu gendong” in Purwokerto Wetan Village 2) to analyze factors that affected the use of cyclamate in “jamu gendong”. The research conducted in two stage, these stages were survey method and laboratory test.The research used simple random sampling method and questionnaire to got data from the sellers. The number of seller who were interviewed was decided by Sanjana method with the error level of 5% (N=21, n=16). The variables were contentment of cyclamate in “jamu gendong”, sellers’s knowledge level, sellers’s education level and sellers’s income level. The research showed 50% of “jamu gendong” sellers positive used of cyclamate more than the maximum ISO (250-1000 mg / L). Factor that affected the use of cyclamate is economizing cost production. Sellers’s knowledge, sellers’s education level and sellers’s income level weren’t factors that affected the use of cyclamate.
Kata Kuncisiklamat, jamu gendong, tingkat pengetahuan, tingkat pendidikan
Nama Pembimbing 1Gunawan Wijonarko S.P., M.P.
Nama Pembimbing 2Dr.Ir. Aisyah Tri Septiana, M.P.
Tahun2013
Jumlah Halaman12
Page generated in 0.0555 seconds.