View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1C009134
Nama MahasiswaDEWY YUDHY MANGGALA PUTRI
Judul ArtikelPengaruh Kompetensi, Independensi, Motivasi, dan Etika Profesi Pemeriksa terhadap Kualitas Audit Inspektorat dalam Pengawasan Keuangan Daerah (Studi Empiris pada Inspektorat Kabupaten Banyumas)
AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian survei pada pemeriksa keuangan daerah pada Inspektorat Kabupaten Banyumas. Penelitian ini mengambil judul “Pengaruh Kompetensi, Indpendensi, Motivasi, dan Etika Profesi Pemeriksa terhadap Kaualitas Audit Inspektorat dalam Pengawasan Keuangan Daerah (Studi Empiris pada Inspektorat Kabupaten Banyumas)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi, independensi, motivasi, dan etika profesi pemeriksa terhadap kualitas audit inspektorat. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pemeriksa keuangan daerah di Inspektorat Kabupaten Banyumas. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini adalah 37 responden. Purposive sampling method digunakan dalam penentuan responden dengan kriteria pemeriksa pada tahun 2012. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi berpengaruh positif terhadap kualitas audit, (2) Independensi berpengaruh positif terhadap kualitas audit, (3) motivasi berpengaruh positif terhadap kualitas audit, dan (4) Etika Profesi berpengaruh positif terhadap kualitas audit. Implikasi dari kesimpulan di atas yaitu dalam upaya meningkatkan kualitas audit inspektorat, para pemeriksa harus mempertahankan kompetensi, independensi, dan etika profesi yang sudah cukup memadai. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pelatihan-pelatihan dan diklat secara rutin untuk pemeriksa, selain itu juga bisa dengan adanya motivation training.
Abstrak (Inggris)This research is a survey research on local auditors in Banyumas Inspectorate. The Analysis of “Effect of Competence, Independence, Motivation, and Professional Ethics Auditors Inspectorate on Audit Quality in the Area of Financial Supervision (Empirical Studies in Banyumas Inspectorate) “. The aims of research is to find out the effect of competence, independence, motivation, and professional ethics auditors on audit quality inspectorate. The research population are all local auditors in Banyumas Inspectorate. There were 37 chosen as respondents of the research. Then purposive sampling method was used to determine the respondents. Based on result of research and data analysis using Multiple Regression Analysis, it has got the conclusions: (1) competence has a positive effect on audit quality, (2) independence has a positive effect on audit quality, (3) motivation has a positive effect on audit quality, and (4) professional ethics has a positive effect on audit quality. As implication of the conclusion above, in order to increase it s audit quality, local auditors must maintain competence, independence, and professional ethics that is sufficient. It attempts to do is to conduct training and regular training for local auditors, but it also can be a motivation training.
Kata KunciKualitas Audit, Kompetensi, Independensi, Motivasi, Etika Profesi
Nama Pembimbing 1Dr. Margani Pinasti, S.E., M.Si, Ak
Nama Pembimbing 2Rini Widianingsih, S.E., M.Acc, Ak
Tahun2013
Jumlah Halaman17
Page generated in 0.0668 seconds.