View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)H1G008021
Nama MahasiswaGAYUH LAKSANA PUTRA
Judul ArtikelSTATUS PENCEMARAN PERAIRAN PELAWANGAN TIMUR SEGARA ANAKAN CILACAP BERDASARKAN KANDUNGAN LOGAM BERAT Pb PADA AIR DAN SEDIMEN
AbstrakPenelitian ini berjudul “Status Pencemaran Perairan Pelawangan Timur Segara Anakan Cilacap Berdasarkan Kandungan Logam Berat Pb pada Air dan Sedimen”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan logam Pb pada air dan sedimen. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2013 menggunakan metode survei dengan teknik Purposive Random Sampling pada enam stasiun dengan tiga kali ulangan. Data dianalisis secara deskriptif komparatif, uji F apabila berbeda nyata dilanjut dengan BNT. Hasil penelitian kandungan logam berat Pb pada air berkisar tidak terdeteksi < 0,01-0,316 mg/L, dan pada sedimen berkisar 3,959-21,994 mg/Kg. Hasil tersebut menunjukan bahwa kandungan logam berat Pb pada air sudah melebihi Nilai ambang batas sehingga menunjukkan sudah tercemar, dan pada sedimen tidak melebihi Nilai Ambang Batas sehingga menunjukan perairan Plawangan Timur tidak tercemar.
Abstrak (Inggris)A study, entitled ”Water Pollution Status Plawangan Timur Segara Anakan Cilacap Based Of heavyMetal Content of Pb in Water and Sediments”, aims to determine Pb content in water and sediment. This study was conducted in Februarry 2013 using a survey method with purposive random sampling technique at 6 stations triplicates. Data were analyzed descriptively and were comparatively F-tested. Significant differences were honesty tested. The result showed that Pb content in water ranged up to 0,316 mg/L, and Pb content in sediments ranged between 3.959-21.994 mg/kg. Indicating an excess from threshold allowed. Pb had contaminated waters, and sediments being below threshold allowed Plawangan Timur waters were not contaminated yet.
Kata KunciPb, Air dan Sedimen, Pencemaran, Plawangan Timur.
Nama Pembimbing 1Nuning Vita H., S.Pi., M.Si
Nama Pembimbing 2Drs. Asrul Sahri S., M. Si
Tahun2013
Jumlah Halaman10
Page generated in 0.0634 seconds.