View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1C008039
Nama MahasiswaMUHAMMAD SIDIK RAMDANI
Judul ArtikelEFISIENSI SALURAN PEMASARAN BERAS MERAH ORGANIK DI KABUPATEN BANYUMAS
AbstrakBeras merah organik adalah beras yang secara fisik memiliki warna merah dan dikenal sebagai beras yang memiliki banyak manfaat. Saat ini petani padi merah organik di Kabupaten Banyumas terdapat di wilayah Kecamatan Sumbang, Baturraden dan Cilongok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Saluran pemasaran beras merah organik di Kabupaten Banyumas, (2) Marjin pemasaran pada setiap saluran pemasaran, (3) Persentase biaya, keuntungan, dan bagian harga yang diterima petani (farmer share) dan (4) Saluran pemasaran yang paling efisien berdasarkan efisiensi teknis dan efisiensi ekonomis. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah survey. Metode analisis data menggunakan analisis marjin pemasaran, farmer share, analisis efisiensi teknis dan efisiensi ekonomis. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat tiga saluran pemasaran beras merah organik di Kabupaten Banyumas yaitu (I) petani – pedagang pengumpul – pedagang besar – pedagang retailer modern – konsumen, (II) petani – pedagang pengumpul – pedagang besar – pedagang retailer perumahan – konsumen dan (III) petani – pedagang pengumpul – pedagang besar – konsumen. (2) Marjin pemasaran saluran pemasaran I Rp7.160,48/kg, saluran pemasaran II Rp6.140,48/kg dan saluran pemasaran III Rp4.465,48/kg. (3) Komponen marjin saluran pemasaran I terdiri dari biaya 34,75 persen dan keuntungan 65,25 persen, marjin saluran pemasaran II terdiri dari biaya 29,44 persen dan keuntungan 70,49 persen dan marjin saluran pemasaran III terdiri dari biaya 33,77 persen dan keuntungan 66,14 persen. Farmer share yang diperoleh pada saluran pemasaran I sebesar 45 persen, pada saluran pemasaran II sebesar 48,83 persen dan pada saluran pemasaran III sebesar 56,75 persen. (4) Saluran pemasaran II merupakan saluran yang paling efisien, karena saluran tersebut memiliki indeks efisiensi teknis yang paling kecil dan indeks efisiensi ekonomis yang paling besar.
Abstrak (Inggris)Organic red rice is rice that has physical red and is known as the rice that has many benefits. Currently, organic red rice farmers in Banyumas district located in the subdistrict of Sumbang, Baturraden and Cilongok. The aims of the research are knowing: (1) marketing channels, (2) marketing margin at each marketing channel, (3) The percentage of costs, benefits, and the proportion received by farmers (farmer share) and (4) the most efficient marketing channels based on technical efficiency and economic efficiency. The research method in this research is survey. The method of data analysis using analysis of marketing margin, farmer share, analysis of technical efficiency and economic efficiency. The research result showed (1) organic red rice marketing channels has three marketing channels, namely (I) farmers - middlemen - wholesalers - retailers (modern) - consumers, (II) farmers - middlemen - wholesalers - housing retailers - consumers and (III) farmers - middlemen - wholesalers - the consumer. (2) Margin marketing on marketing channel I Rp7.160, 48/kg, marketing channel II Rp6.140,48/kg and marketing channel III Rp4.465,48/kg. (3) the margin component of marketing channels I consists of the cost of 34.75 percent and 65.25 percent of profits, marketing margin channels II consists of the cost of 29.44 percent and 70.49 percent of profits and marketing margin channel III consists of the cost of 33.77 percent and 66.14 percent of profit. The farmer share derived on the marketing channel I at 45 percent,on marketing channels II at 48.83 percent and on marketing channel III at 56.75 percent. (4) marketing channel II is the most efficient channel because the channel has the smallest index of technical efficiency and the largest index of economical efficiency.
Kata Kunciefisiensi pemasaran, marjin pemasaran, beras merah organik.
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Suyono, M.S.
Nama Pembimbing 2Alpha Nadeira M, S.P., M.P.
Tahun2013
Jumlah Halaman18
Page generated in 0.0568 seconds.