View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1C009014
Nama MahasiswaLIDYA WIDA PERMATA
Judul ArtikelSTUDI TENTANG KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN JUS WARUNG HEJO PURWOKERTO
AbstrakSaat ini banyak usaha jus buah yang berkompetitif untuk mendapatkan pelanggan, salah satunya Warung Hejo yang berlokasi di wilayah kampus Unsoed. Banyaknya pesaing disekitar Warung Hejo yang menawarkan produk yang sama mengakibatkan Warung Hejo harus mengetahui keinginan dan harapan konsumen untuk mempertahankan konsumennya agar tidak berpindah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen jus Warung Hejo Purwokerto. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan Judgemental Sampling. Jumlah sampel penelitian berjumlah 171 responden. Metode yang digunakan untuk kepuasan konsumen adalah Important Performance Analysis dan Costumer Satisfaction Index, sementara loyalitas konsumen diukur dengan Piramida Loyalitas dan Brand Switching Pattern Matrix. Besarnya tingkat kepuasan konsumen jus buah Warung Hejo dihasilkan sebesar 76,51% yang berada pada rentang “Puas”. Piramida loyalitas menghasilkan loyalitas konsumen tinggi ditunjukkan dengan bentuk piramida terbalik. Besarnya perpindahan merek yang dilakukan oleh konsumen jus buah Warung Hejo ke tempat jus buah lainnya sebesar 48,77%.
Abstrak (Inggris)These days many fruit juice shops competed to get customer. One of them is Warung Hejo which is located around Unsoed campus area. Many competitors around Warung Hejo offer the same product, so Warung Hejo should know the wishes & expectations of its consumers so they dont switch to other juice shop. Therefore, this study aimed to analyze the level of satisfaction and consumer loyalty point Hejo Purwokerto juice. The method used in this study is Judgemental Sampling. The number of sample is 171 respondents. The method used to analyze customer satisfaction is Important Performance Analysis and Customer Satisfaction Index. While customer loyalty was analyzed with is the Pyramid of Loyalty and Brand Switching Pattern Matrix. The level of Warung Hejo customer satisfaction is 76,51% which is in the range "Satisfied Loyalty pyramid produces high consumer loyalty shown by the inverted pyramid shape. The level of brand switching Warung Hejo customer to other fruit juice shop is 48,77%.
Kata KunciKepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen, Jus Buah, Purwokerto
Nama Pembimbing 1Ir. Ari Purwaningsih, M.Si
Nama Pembimbing 2Ir. Sri Widarni, M.Si
Tahun2013
Jumlah Halaman15
Page generated in 0.0633 seconds.