View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)H1K007006
Nama MahasiswaYUSUF SUDRAJAD
Judul ArtikelPENGARUH TEKSTUR DAN WARNA SUBSTRAT TERHADAP JUMLAH PENEMPELAN Balanus sp. di PERAIRAN PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA CILACAP
AbstrakPenelitian ini berjudul “Pengaruh Tekstur dan Warna Substrat Terhadap Jumlah Penempelan Balanus sp. di Perairan Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap”. Biofouling dalam lingkungan laut merupakan akumulasi dan pelekatan organisme laut baik yang bersifat mikro maupun makro pada permukaan yang kontak dengan air laut. Permasalahan yang terjadi pada struktur bangunan dan kapal terhadap penempelan makrofouler mengakibatkan kerusakan. Salah satu metode yang dilakukan untuk mengurangi penempelan makrofouler adalah dengan membuat kondisi permukaan dan warna substrat sedemikian rupa agar tidak atau sedikit ditempeli makrofouler. Pengujian dilakukan dengan perlakuan substrat bertekstur kasar dan halus yang dilapisi cat berwarna hitam, coklat, kuning, putih dan tidak dicat. Hasil yang diperoleh pada substrat kasar penempelan makrofouler paling sedikit terjadi pada substrat dengan warna putih dan penempelan makrofouler terbanyak terjadi pada substrat yang tidak dicat, sedangkan pada substrat bertekstur halus penempelan makrofouler paling sedikit terjadi pada substrat berwarna kuning dan putih dan penempelan makrofouler terbanyak terjadi pada substrat berwarna hitam, sehingga dapat disimpulkan bahwa cat berwarna putih mampu mengurangi penempelan makrofouler.
Abstrak (Inggris)This research entitled “The effect of Texture and Substrate Color Toward Balanus sp. Attachment in Cilacap Oceanic Fishing Port”. Biofouling in the marine circle is the accumulated and the attachment marine organism both micro and macro in the surface which have in touch with marine. The problem which exist is on the structure of building and the ship towards makrofouler attachment can create damage. One of the methode to decrease makrofouler attachment is by make surface condition and the substrate color in such manner to make there is no makrofouler’s attachment. Testing by hold treament to rough and soft substrate that painted by black, brown, yellow, white painted and no painted. The result on the rough substrate, the lowest number of makrofouler attachment on the white painted, and the highest number of its in the substrate have no painted. In another hand the result on the soft substrate, the lowest number of makrofouler attachment got in the yellow and white substrate and the highest number makrofouler attachment in the black substrate. So it can be concluded if white painted can decrease the makrofouler attachment.
Kata KunciBiofouling, Balanus sp., tekstur, warna
Nama Pembimbing 1Dr. Bintang Marhaeni, M.Si
Nama Pembimbing 2Dr. Maria Dyah Nur M., S.Pi.,M.Sc
Tahun2013
Jumlah Halaman10
Page generated in 0.0505 seconds.