View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1C008056
Nama MahasiswaNANCY LASMAULI
Judul ArtikelMotivasi Petani dalam Berusahatani Tebu Di Wilayah Kerja Pabrik Gula Pangka Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal
AbstrakKecamatan Balapulang merupakan salah satu wilayah kerja Pabrik Gula Pangka. Petani di Kecamatan Balapulang memiliki latar belakang dan status sosial ekonomi yang berbeda. Latar belakang yang beragam memberi motivasi yang beragam pula bagi petani dalam berusahatani tebu, seperti motivasi ekonomi, sosial maupun psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi petani dalam berusahatani tebu dan mengetahui hubungan antara motivasi petani dalam berusahatani tebu dengan status sosial ekonomi petani yang dilihat dari luas penguasaan lahan, keterlibatan petani dalam kelompok tani tebu, akses informasi dan pendapatan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode Likert Summated Ratings yang dilanjutkan dengan metode Successive Interval dan metode korelasi Kendall Tau-b. Hasil penelitian menunjukkan motivasi petani berusahatani tebu adalah motivasi ekonomi dan sosial, sedangkan motivasi psikologis tidak mendorong mereka untuk berusahatani tebu. Status sosial ekonomi yang dilihat dari luas penguasaan lahan, keterlibatan dalam kelompok tani tebu, akses informasi dan pendapatan memiliki hubungan dengan motivasi petani dalam berusahatani tebu.
Abstrak (Inggris)Balapulang Sub-district is one of the working area of Pangka Sugar Factory. Farmers have a different backgrounds and socio-economic status. Diverse backgrounds gives diverse motivating for them in sugarcane farming, such as economic motivation, social motivation and psychological motivation. The aims of this research is to analyze farmers motivation in sugarcane farming and to analyze the correlation between their motivation and socio-economic status which include extensive tenure, participation in sugarcane farmers' groups, access information and income. The analysis of the data is performed by using Likert Summated Ratings method which followed by Successive Interval method and the correlation test of Kendall Tau - b. The results showed that motivation of farmers in sugarcane farming is economic motivation and social motivation, whereas psychological motivation doesn’t pushing them for sugarcane farming. The famers socio-economic status which include extensive tenure, participation in sugarcane farmers' groups, access information and income have a correlation with farmers motivation in sugarcane farming.
Kata Kuncipetani tebu, motivasi, status sosial ekonomi
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Anisur Rosyad, M.S.
Nama Pembimbing 2Ir. Hj. Sundari, M.P.
Tahun2013
Jumlah Halaman12
Page generated in 0.0602 seconds.