View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1A006073
Nama MahasiswaBAGUS AJINUR WIDHIANTO
Judul ArtikelCitra Solidaritas Dalam Mempertahankan Desa Pada Film Naruto The Movie 3 : Inheritors Of The Will Of Fire Karya Masashi Kishimoto
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji, bagaimana solidaritas yang ditunjukan dalam bentuk film, yaitu dalam film Naruto, khususnya Naruto the movie 3 : Inheritors of the will of fire. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah semiotik Charles Sanders Pierce, terdapat tiga kelompok tanda yaitu ikon, indeks dan simbol. Pada penelitian ini, Peneliti juga menggunakan teori solidaritas mekanik dan teori bunuhdiri altruistik dari Emile Durheim sebagai teori yang mendukung adanya sikap solidaritas yang ditampilkan dalam film Naruto, khususnya dalam Naruto The Movie 3 : Inheritors Of The Will Of Fire. Dari hasil penelitian diperoleh beberapa kesimpulan.Dari awal film sudah diperlihatkan tentang solidaritas, yaitu berupa solidaritas kecil atau solidaritas dasar. Solidaritas dasar yaitu solidaritas yang ditujukan dalam kelompok ataupun klan. Dan setelah itu ditunjukan solidaritas yang lebih besar yaitu bagaimana solidaritas antar masyarakat desa dalam dunia Naruto. Solidaritas disini adalah suatu sikap saling melindungi antar masyarakat dan juga sikap berani berkorban untuk melindungi “sesuatu” yang berharga, yaitu teman, keluarga dan juga desa. Seperti yang dilakukan oleh Kakashi dengan mencoba mengorbankan diri dengan cara meledakan diri demi melindungi desa dari ancaman Hiruko. Tindakan Kakashi yang berani mengorbankan diri tersebut dalam sosiologi disebut dengan bunuh diri altruistik yaitu bunuh diri yang terjadi karena integrasi yang sangat kuat. Hal ini dapat terjadi dalam kelompok atau suatu tatanan dalam masyarakat desa yang memiliki solidaritas erat. Solidaritas yang lain juga diperlihatkan oleh Naruto, Yang mencoba menolong Kakashi dan juga menyelamatkan desa. walaupun usaha Naruto inipada awalnya ditentang oleh teman-temannya, tetapi dengan kegigihan Naruto. Akhirnya teman-teman Naruto dapat memahami apa yang dilakukan Naruto, yaitu dengan semangat api (Hi No Ishi) yang dia miliki mencoba untuk menyelamatkan desa dan juga menyelamatkan teman-temannya. Dengan semangat api, yaitu semangat yang kuat untuk melindungi desa yang dimiliki oleh semua penduduk Konoha (desa tempat tinggal Naruto) maka semangat solidaritas akan selalu ada dan desa akan selalu dalam kondisiaman.
Abstrak (Inggris)The research objective at examine, how solidarity shown by in the movie namely naruto, in a film esp. naruto the movie 3: inheritors of the will of fire. A method of analysis used in this research is semioticcharles sanders pierce, three obtain groups sign, there are icons index and symbols. On this research, researchers also using mechanical theory solidarity and theories suicide an altruistic of emiledurheim as a theory that supports the attitude solidarity shown naruto, in a film especially in naruto the movie 3: inheritors of the will of fire. Obtained from the research some lessons.From the beginning, solidarity was shown on film namely solidaritas small or basic form of solidarity. Solidarity: solidarity basic addressed in groups or clan. And afterwards shown greater solidarity is how solidarity intersociety villagenaruto in the world. Solidarity here is an attitude mutual protect intersociety and also bold attitude sacrifice to protect “something” valuable, namely friend, family and also village. As practiced by kakashiwith trying self-sacrificing by means of self detonates to protect villages from the threat hiruko. The act of kakashi the bold self-sacrificing in sociology called an altruistic suicide and suicide happened because integration very strong. This can happen in a group or an order in villagers having solidarity closely. Solidarity another also shown by naruto, trying to help kakashi and villages.Although naruto’s try it was beginning notallow by his friends, but with persistence naruto. Finally naruto’s friend to understand what naruto try, namely by spirited fire (Hi No Ishi ). He had tried to save villageand also Savehis friends. With spirit of fire, the strong spirit to protect villages possessed by all the dwellings konoha (villages of naruto’s place ) then spirit of solidarity are have and villages will always in a safe.
Kata KunciNaruto, Desa, Solidaritas, Semiotik
Nama Pembimbing 1Sulyana Dadan
Nama Pembimbing 2Dalhar Shodiq
Tahun2006
Jumlah Halaman82
Page generated in 0.0582 seconds.