View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1A008009
Nama MahasiswaYUDI WIDYANTORO
Judul ArtikelPengaruh Keikutsertaan Bimbingan Belajar dan Tingkat IQ Siswa terhadap Tingkat Prestasi Akademik Siswa SMA di Purwokerto
AbstrakAbstrak Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keikutsertaan bimbingan belajar dan tingkat IQ terhadap prestasi akademik siswa SMA di Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan cara survei dan menggunakan metode analisis data distribusi frekuensi, tabulasi silang, korelasi tau Kendall, korelasi pearson product moment, dan uji t. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini simple random sampling. Hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukan terdapat pengaruh antara keikutsertaan bimbingan belajar terhadap prestasi akademik siswa SMA di Purwokerto sebesar 0.324, dengan nilai p (sign) sebesar 0.000. Kontribusi keikutsertaan bimbingan belajar dalam mempengaruhi prestasi akademik siswa adalah sebesar: 0,3242 x 100% = 10,5%. Terdapat pengaruh antara tingkat IQ siswa terhadap prestasi akademik siswa SMA di Purwokerto sebesar 0.623 dengan nilai p (sig) sebesar 0.000. Kontribusi tingkat IQ dalam mempengaruhi prestasi akademik siswa adalah sebesar 0,6232 x 100% = 38,8%. Terdapat perbedaan prestasi akademik siswa yang mengikuti bimbingan belajar dengan siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar adalah sebesar -6,347 dan nilai p value 0.000 (nilai p value < 0.05).
Abstrak (Inggris)Abstract The purpose of this research was to know the effect of the learning guidance participation and IQ on academic achievement of senior high school students in Purwokerto. The method that used in this research is a quantitative research method with survey method and using frequency distribution data analysis ,cross tabulation, correlation tau Kendall and t test. Sampling that used in this research is simple random sampling. The results of data analysis that has been done shows there is influence between participation tutoring on academic achievement against senior high school students in Purwokerto by 0324, with a p-value (sign) of 0,000. Contributions learning guidance participation in influencing student achievement is: 0.3242 x 100% = 10.5%. There is the influence of the IQ level of students toward academic achievement of senior high school students in Purwokerto by 0623 with the p-value (sig) of 0000. Contribution in influencing the IQ level of student achievement is 0.6232 x 100% = 38.8%. There are differences in the academic achievement of students who take tutoring with students who do not take the learning guidance is equal to -6.347 and p value 0.000 (p value <0.05).
Kata KunciBimbingan belajar, tingkat IQ siswa dan prestasi akademik siswa.
Nama Pembimbing 1Dr. Ign Suksmadi S., M.Si
Nama Pembimbing 2Drs.Dalhar Shodiq, M.Si
Tahun2008
Jumlah Halaman14
Page generated in 0.0603 seconds.