View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1C008034
Nama MahasiswaGILANG SEPTIANA DWI M
Judul ArtikelPENGARUH KEPUASAN PETANI DALAM BERMITRA TERHADAP JUMLAH PASOKAN TEBU PETANI (Studi Kasus Petani Tebu di Kabupaten Pati)
AbstrakPabrik Gula Trangkil dalam pelaksanaan produksi gula melakukan kerjasama dengan petani. Petani yang bekerjasama dengan PG Trangkil akan memperoleh keuntungan. Keuntungan yang didapat adalah petani akan memperoleh layanan kemitraan dari PG Trangkil. Kemitraan yang dilakukan selama ini menghadapi permasalahan diantaranya adalah loyalitas petani. Petani yang tidak loyal akan memasok sebagian hasil panen ke pabrik lain. Diduga petani yang melakukan hal tersebut dikarenakan tidak puas dengan kemitraan yang dijalani. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat kepuasaan petani mitra terhadap layanan PG Trangkil (2) mengetahui pengaruh kepuasaan petani dalam bermitra terhadap jumlah pasokan tebu. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik stratified random sampling dan jumlah responden yang di wawancarai sebanyak 65 petani. Teknik analisis yang digunakan adalah Likert Summated Ratings (LSR) dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa petani sudah puas pada layanan bibit, pupuk, dan tebang angkut. Rasa tidak puas ditunjukan pada layanan bimbingan teknis dan penentuan kulitas. Sedangkan faktor yang berpengaruh pada jumlah pasokan tebu adalah layanan bimbingan teknis dan penentuan kualitas. Kata kunci: Kemitraan, Petani tebu, Loyalitas, Pasokan tebu
Abstrak (Inggris)Trangkil Factory's production of sugar in the implementation of cooperation with farmers. Farmers formed a partnership with PG Trangkil will benefit. The advantage gained is the farmer will get services from PG Trangkil. Partnerships encounter problems such as farmer loyalty. partnership issues is farmers loyalty. Farmers who are not loyal will supply sugar cane to other mills. Suspected farmers are doing it is because not satisfied with the partnership. The aim of this research was to know satisfaction farmers to service factory and influence farmers satisfication to supply the amount of cane. The sampling method in this research uses stratified random sampling and total number of respondents who were interviewed as many as 65 farmers. analytical techniques used Likert Summated Ratings (LSR) and regression analysis. The research results showed farmers are satisfied with the service seedlings, fertilizer, and cutting transport. factors that affect the amount of cane supply is technical tutoring services and service quality determination.
Kata KunciKemitraan, Petani tebu, Loyalitas, Pasokan tebu
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Anisur Rosyad, MS
Nama Pembimbing 2Altri Mulyani, SP.M.Sc
Tahun2014
Jumlah Halaman70
Page generated in 0.0553 seconds.