View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1K009024
Nama MahasiswaDESTRY BUDI WISMANTO
Judul ArtikelTHE ROLE OF MARKETING MIX AND CORPORATE IMAGE ON CUSTOMER SATISFACTION IN BUILDING WORD OF MOUTH (STUDY OF SONY ANDROID-BASED MOBILE PHONE USERS IN PURWOKERTO)
AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian survey pada pelanggan hand phone Sony berbasis android di Purwokerto. Judul penelitian ini adalah "Peran Bauran Pemasaran dan Citra Perusahaan pada Kepuasan Pelanggan dalam membangun Word of Mouth (penelitian pada pengguna hand phone Sony berbasis android di Purwokerto)". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh variabel produk, harga, tempat, promosi dan citra perusahaan terhadap kepuasan pelanggan dan pengaruh kepuasan pelanggan dalam membangun word of mouth (WOM) pada pelanggan hand phone Sony berbasis android di Purwokerto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang di Purwokerto yang digunakan hand phone Sony berbasis android hingga penelitian ini dilakukan. Jumlah sampel dalam penelitian ini dihitung dengan menggunakan rumus interval yang diperkirakan dengan ukuran sampel minimum 96 dan juga digunakan perkiraan sampel antara 100-200. Penelitian ini menggunakan 124 responden agar memenuhi syarat jumlah minimum sampel. Convenience sampling digunakan sebagai penentuan sampel. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) menunjukkan bahwa : (1) variabel produk berpengaruh positif pada kepuasan pelanggan, (2) variabel harga berpengaruh positif pada kepuasan pelanggan, (3) variabel tempat berpengaruh positif pada kepuasan pelanggan, (4) variabel promosi berpengaruh positif pada kepuasan pelanggan, (5) variabel citra perusahaan berpengaruh positif pada kepuasan pelanggan dan (6) variabel kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap Word of Mouth. Sebagai implikasi dari kesimpulan di atas, dalam rangka meningkatkan WOM antara pelanggan, manajemen Sony harus mengelola Word of Mouth via menyelenggarakan kegiatan pemasaran mereka. Peningkatan atau penurunan frekuensi dan kuantitas kegiatan pemasaran dapat digunakan untuk mengelola WOM. Kenaikan kegiatan pemasaran dapat mendorong lebih banyak perhatian dari pelanggan dan kemudian aktif memberi kebutuhan informasi untuk produk mereka. Pada sebaliknya, ketika WOM negatif muncul, perusahaan masih dapat menggunakan kegiatan pemasaran untuk memberikan koreksi atau penjelasan. Tidak hanya meningkatkan pemasaran dapat membantu WOM, penurunan juga bisa. Misalnya, ketika sebuah produk baru akan di luncurkan, perusahaan mengurangi kegiatan pemasaran publik, maka pelanggan akan beralih mencari informasi melalui WOM. Oleh karena itu, karakteristik khusus akan membantu pelanggan potensial untuk membeli.
Abstrak (Inggris)This research was survey research on customer of Sony android-based mobile phone in Purwokerto. Title of this research is “The Role of Marketing Mix and Corporate Image on Customer Satisfaction in Building Word of Mouth (Study of Sony Android-Based Mobile Phone Users in Purwokerto)”. The purpose of this study was to examine the effect of variables product, price, place, promotion and corporate image on customer satisfaction and the effect of customer satisfaction in building word of mouth (WOM) on customer of Sony android-based mobile phone in Purwokerto. The populations in this research were all people in Purwokerto who used Sony-android based mobile phone until this study was conducted. The number of samples in this study was calculated using the estimated interval formula with a minimum sample size 96 and also used the sampling estimates between 100-200. This study used 124 respondents in order to qualify a minimum number of samples. Convenience sampling was used as the determination of the sample. Based on the research result and data analysis using Structural Equation Model (SEM) showed that: (1) variable product has positive effect on customer satisfaction, (2) variable price has positive effect on customer satisfaction, (3) variable place has positive effect on customer satisfaction, (4) variable promotion has positive effect on customer satisfaction, (5) variable corporate image has positive effect on customer satisfaction and (6) variable customer satisfaction has positive effect on Word of Mouth. As the implications of the conclusions above, in order to increase WOM among its customers, the management of Sony should manage the Word of Mouth via organizing their marketing activities. The increasing or decreasing of the frequency and quantity of marketing activities could be used to manage WOM. The raise of marketing activities can drive more attention from customers and then active their information requirement for their product. On the contrast, when more negative WOM appeared, company still can use marketing activities to provide correction or explanation. Not only increasing of marketing can help WOM, decreasing also could. For instance, when a new product will be on board, company reduce its public marketing activities, then customer will turn to look for information via WOM. Therefore, the special characteristic will help potential customer to purchase.
Kata Kuncimarketing mix, product, price, place, promotion, corporate image, customer satisfaction, word of mouth. (bauran pemasaran, produk, harga, tempat, promosi, citra perusahaan, kepuasan pelanggan, komunikasi mulut ke mulut).
Nama Pembimbing 1DR. PRAMONO HARI ADI, M.S.
Nama Pembimbing 2WENI NOVANDARI, S.E., M.M.
Tahun2014
Jumlah Halaman159
Page generated in 0.0491 seconds.