View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1C009016
Nama MahasiswaDINA VERGIANA SUBAGYO
Judul ArtikelFaktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Kedelai Edamame Di Kota Purwoketo Kabupaten Banyumas
AbstrakKedelai Edamame merupakan kedelai asal Jepang yang memiliki kandungan gizi dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan dan termasuk dalam kategori sayuran (green soybeans vegetables) yang disantap sebagai camilan kesehatan. Banyaknya pesaing yang menawarkan berbagai produk kedelai menjadikan PT. Aku Si Petani Group Indonesia perlu menjaga eksistensinya dengan mengetahui seberapa besar kepuasan dan harapan konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh variabel harga, pelayanan dan kualitas terhadap kepuasan konsumen dan (2) tingkat kepuasan konsumen kedelai Edamame. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 1 sampai dengan 30 November 2013 di swalayan Moro dan Aroma dengan sasaran penelitian konsumen yang kebetulan sedang membeli atau sudah pernah mengkonsumsi kedelai Edamame. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan metode Accidental Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Data penelitian berupa data primer dan data sekunder diambil melalui wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Indikator faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen berdasarkan 4 dimensi produk yang dirinci menjadi 19 atribut pertanyaan dan indikator kepuasan berdasarkan 5 dimensi produk yang dirinci menjadi 26 atribut pertanyaan yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitasnya. Data diukur menggunakan skala Likert dan dianalisis menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dan CSI (Customer Satisfaction Index). Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial variabel harga, pelayanan dan kualitas berpengaruh nyata terhadap kepuasan konsumen kedelai Edamame. Besarnya tingkat kepuasan konsumen kedelai Edamame dihasilkan sebesar 68,96% yang berada pada rentang “puas”.
Abstrak (Inggris)The Edamame is soybeans originaly from Japan that contains nutritions and useful for human health and found in various varietys as known as Edamame and considered as green soybeans vegetables. Based on many competition of various soybeans products PT. Aku Si Petani Group Indonesia need to protect its existance with consumer satisfaction and expectation. The research aimed to (1) the effect variable of price, service and quality and (2) consumer satisfaction level of Edamame. The research was conducted from 1th until 30thNovember 2013 in Moro and Aroma supermarkets with consumer the Edamame soybeans. Accidental sampling method was use as simple taking and was obtained from interview, questioner and literature study. Indicators factor affected the consumer satisfaction was based on 4 product dimention that consumer satisfaction was based on 5 product dimention that are turn into 26 question attributes. All the above indicator were tasted previously there validity and reliability. Data were measured by using likertnscale and analyzed by using multiple linier regression analyzed and customer satisfaction index. Result of the analyzed indicated that strange presentage was performed by consumer in buying the Edamame soybeans and considered in the magnitude of price, service and quality attributed. Price, service and quality variable partially influenced significantly in consumer satisfaction. The consumer satisfaction level of Edamame soybeans was resulted as high as 68,96% in the range of “satisfaction”.
Kata Kuncikedelai edamame (edamame soybeans), harga (price), pelayanan (servis), kualitas (quality)
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Suyono, M.S
Nama Pembimbing 2Ir. Dwi Purwastuti, M.Si
Tahun2014
Jumlah Halaman121
Page generated in 0.046 seconds.