View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1F007055
Nama MahasiswaDEWI PUSPITA SARI
Judul ArtikelKETIDAKHADIRAN PERAN AYAH SEBAGAI KEPALA KELUARGA PADA KARAKTER UTAMA TANPA NAMA YANG TERLIHAT DALAM NOVEL EVERYMAN OLEH PHILIP ROTH
AbstrakPenelitian ini berjudul The Role of Father Absence as a Householder in the Anonymous Main Character as Seen in Phillip Roth. Novel yang digunakan dalam penelitian ini ditulis oleh Philip Roth. Tujuan dari penetian ini adalah untuk menganalisis ketidakhadiran peran ayah yang mengakibatkan anak – anaknya menderita. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif qualitatif dan beberapa teori seperti psikologi keluarga, ketergantungan terhadap seks dan cinta, ketidakhadiran ayah, dan ayah yang ideal. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa karakter utama tanpa nama adalah seorang ayah yang melakukan banyak perselingkuhan dan bercerai sebanyak tiga kali. Sikapnya tersebut dipengaruhi oleh penyakit yang membawanya menjadi orang tua yang bercerai. Karena perceraiannya tersebut, anak- anaknya merasakan ketidakhadiran peran ayah baik secara fisik maupun emosional. Anak laki- lakinya tumbuh dengan perasaan benci terhadap ayahnya, sementara anak perempuannya tumbuh dengan perasaan ingin memiliki keluarga yang utuh kembali. Sang anak perempuan pun menjadi orang tua yang bercerai ketika dia tumbuh dewasa. Bagaimanapun juga mereka selalu mencintai sang ayah dan hal ini terlihat dari reaksi mereka setelah sang ayah meninggal. Di samping itu tokoh utama tanpa nama ini tidak menjadi ayah yang ideal bagi anak- anaknya dan hal tersebut terlihat dalam gambaran peran ayah di penelitian ini.
Abstrak (Inggris)This research is entitled ―The Role of Father Absence as a Householder in the Anonymous Main Character as Seen in Philip Roth‘s Everyman”. The aim of this research is to analyze the father absence which affects children‘s suffered. This research employs descriptive qualitative method and some theories such as psychology of family, sex and love addiction, father absence, and ideal father. The result of this research describes that the anonymous main character is the father who conducts some affairs and have three times divorces. His attitude is caused by his illness which leads him to be a divorced parent. Because of his divorces the children feel father absence both physical and emotional absence. His children grow up without involvement of father and it creates different impact of this father absence. His sons grow up with father hatred feeling and his daughter grows up with willingness to have complete family. The daughter also becomes divorced parent when she is adult. However, the children always love their father and it is seen from their reaction after the anonymous main character death. Besides, the anonymous main character cannot be the ideal father and it is explained in the depiction of father‘s role of this research.
Kata KunciAnak- anak, ketidakhadiran ayah, penyakit, perceraian.
Nama Pembimbing 1Rosyid Dodiyanto, S.S. M.Hum
Nama Pembimbing 2Ririn Kurnia Trisnawati, S.S. M.A
Tahun2007
Jumlah Halaman97
Page generated in 0.0597 seconds.