View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1M010020
Nama MahasiswaAPRILIANA KWELANDARI
Judul ArtikelSTRATEGI PEMASARAN PRODUK GULA KELAPA ORGANIK: STUDI KASUS PADA IBU RUMAH TANGGA
AbstrakGula kelapa yang diproduksi dengan menggunakan laru alami sering disebut dengan gula kelapa organik. Laru alami berfungsi menghambat pertumbuhan mikroba sehingga memperlambat terjadinya kerusakan nira namun tidak berisiko untuk kesehatan. Gula kelapa organik saat ini masih kalah populer dengan gula kelapa yang menggunakan pengawet sintetis sehingga diperlukan penentuan prioritas strategi pemasaran produk gula kelapa organik untuk menunjang keberhasilan produksi gula kelapa organik. Tujuan umum penelitian ini yaitu merumuskan strategi pemasaran produk gula kelapa organik, adapun tujuan khusus penelitian ini yaitu: 1) mengetahui preferensi konsumen terhadap bentuk gula kelapa; 2) mengetahui prioritas strategi pemasaran produk gula kelapa organik; 3) mengetahui prioritas preferensi model dan label kemasan gula kelapa organik; 4) mengetahui prioritas preferensi metode distribusi pemasaran gula kelapa organik; 5) mengetahui prioritas preferensi metode promosi gula kelapa organik; 6) mengetahui prioritas preferensi harga produk gula kelapa organik. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas dengan responden ibu rumah tangga sebagai konsumen gula kelapa. Banyaknya responden yang diwawancarai sebanyak 35 orang yang diambil dari 7 desa di Kecamatan Purwokerto Utara dimana masing-masing desa diambil sebanyak 5 responden. Penentuan responden ini didasarkan pada pendapatan responden per bulan minimal Rp2.500.000,00. Analisis penentuan strategi pemasaran yang meliputi produk, harga, promosi dan distribusi menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). Prioritas preferensi konsumen terhadap gula kelapa organik yaitu: 1) bentuk gula kelapa organik yang lebih diprioritaskan yaitu gula kelapa organik cetak dibanding gula kelapa organik kristal dan cair; 2) strategi pemasaran gula kelapa organik yang lebih diprioritaskan konsumen dalam memperoleh produk adalah strategi harga dan strategi produk; 3) prioritas preferensi model dan label kemasan gula kelapa organik yaitu label kemasan menggunakan label lengkap dengan model kemasan PP (Polyprophylene) 0,07 + PP 0,01 atau PP 0,07; 4) prioritas preferensi metode distribusi pemasaran produk gula kelapa organik yaitu dengan jalur distribusi melalui swalayan besar dan pasar kecamatan sehingga konsumen dapat memperoleh produk sesuai dengan yang diinginkan; 5) prioritas preferensi metode promosi gula kelapa organik yaitu dengan membuat spanduk dan brosur yang menarik perhatian calon konsumen; 6) prioritas preferensi harga produk gula kelapa yaitu dengan memproduksi gula kelapa dengan ukuran kemasan 1 Kg sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Abstrak (Inggris)Coconut sugar produced with natural laru is often called organic coconut sugar. Natural laru functions to impede the growth of microbe so that it can delay sap damage but it is not risky for human health even though it is consumed in long period. Nevertheless, organic coconut sugar is recently not as popular as synthetic coconut sugar so that the priority of marketing strategy of organic coconut sugar should be made to support the success of the production of organic coconut sugar. The general purpose of this research was to formulate the marketing strategy of organic coconut sugar. Meanwhile, the specific purposes of this research were: 1) to know the customers’ preference towards the form of coconut sugar; 2) to know the priority of marketing strategy of organic coconut sugar; 3) to know the preference priority of model and package label of organic coconut sugar; 4) to know the preference priority of the marketing distribution method of organic coconut sugar; 5) to know the preference priority of the promotion method of organic coconut sugar; 6) to know the preference priority of the product price of organic coconut sugar. This research was carried out in North Purwokerto Sub-district, Banyumas Regency with housewives of coconut sugar customers as the respondents. The respondents interviewed were 35 people taken from 7 villages in North Purwokerto Sub-district where each village taken 5 respondents. The determination of respondent was based on the respondents’ income per month at Rp2.500.000,00. Analysis of determining marketing strategy which contained product, price, promotion and place/distribution used Analytical Hierarchy Process (AHP). Customers’ preference priorities towards organic coconut sugar were: 1) the form of the organic coconut sugar which was prioritized more was printed coconut sugar than crystal or liquid; 2) marketing strategy of organic coconut sugar which was prioritized more in obtaining the product was price and product strategy; 3) preference priority of model and package label of organic coconut sugar was complete package label with package model PP (Polyprophylene) 0,07 + PP 0,01 or PP 0,07; 4) preference priority of marketing distribution method of organic coconut sugar was through big supermarket and sub-district market so that customers can obtain products as they expected; 5) preference priority of promotion method of organic coconut sugar by making eye-catching banner and brochure; 6) the preference priority of product price of organic coconut sugar by production coconut sugar with 1 Kg package size needed by customers.
Kata Kuncigula kelapa organik, strategi pemasaran, AHP
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. H. Tri Yanto, M. T.
Nama Pembimbing 2Ir. H. Sujiman, M. P.
Tahun2014
Jumlah Halaman11
Page generated in 0.0636 seconds.