View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1C008084
Nama MahasiswaNURI WIDIYANTI
Judul ArtikelPreferensi Konsumen Terhadap Atribut Kopi Instan di Kota Bekasi
AbstrakKonsumsi kopi diantara penduduk perkotaan telah menjadi lebih dari suatu kebutuhan, lebih dari itu telah menjadi bagian dari gaya hidup. Preferensi dapat terbentuk melalui suatu pola pikir konsumen yang didasarkan oleh beberapa alasan yang mana terdapat pengalaman yang diperoleh sebelumnya, maksudnya konsumen merasakan kepuasan dalam membeli produk itu dan merasakan kecocokan dalam menkonsumsi produk yang dibelinya maka konsumen akan terus - menerus memakai atau menggunakan produk itu, sehingga konsumen mengambil keputusan membeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut-atribut yang menjadi pertimbangan konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian kopi instan, mengetahui peringkat kepentingan atribut dalam pengambilan keputusan pembelian menurut konsumen, dan mengetahui preferensi konsumen terhadap atribut kopi instan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis uji Cochran yang dilanjutkan dengan analisis Konjoin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam pembelian kopi instan yaitu atribut harga, rasa,merek, kemasan dan kemudahan didapat. Peringkat kepentingan atribut dalam pengambilan keputusan pembelian kopi instan yaitu rasa sebesar 40,957 persen; kemudahan sebesar 31,259 persen; dan harga sebesar 23,784 persen. Preferensi konsumen dalam pembelian kopi instan di Kecamatan Bekasi Utara yaitu konsumen menyukai rasa kopi instan yang kombinasi, harganya dari Rp 1000,00 dan mudah didapat.
Abstrak (Inggris)Coffee consumption among the citizen has become more than a necessity, it has become part of the lifestyle. Preferences can be formed through a consumer mindset that was based on several reasons which are obtained by previous experience, it means consumer satisfied in buying the product and felt good in consuming the products so consumer will continue - constantly consuming the product, and than consumer make decision to buy the product. This study aims to determine the attributes that are considered by consumers in making purchasing decisions instant coffee, knowing the priority of attribute ratings in making purchasing decisions by consumers, and determine consumer preferences for attributes of instant coffee. Data analysis methods used is the analysis of the Cochran test followed by Conjoin analysis. The results show that the attributes that consumers consider the purchase price of instant coffee that attributes were price, taste, brand,packaging,and easily obtainable. Rating priority in the purchase decision attributes of instant coffee i the taste of 40.957 percent; ease of 31.259 percent; and price of 23.784 percent Consumer preferences in the purchase of instant coffee in the District of North Bekasi that consumers like the taste of instant coffee combination, the price of Rp.1000.00 and easily obtainable.
Kata Kuncikopi instan, preferensi konsumen, Bekasi
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Anisur Rosyad. M.P
Nama Pembimbing 2Dr. rer. Agr. Ir. Djeimy Kusnaman. Msc. Agr
Tahun2014
Jumlah Halaman12
Page generated in 0.0647 seconds.