View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1F010015
Nama MahasiswaANDHITA YEDI PRAMANIK
Judul ArtikelA COMPARATIVE STUDY OF PERSUASION TECHNIQUE ON OBAMA’S SPEECHES IN THE LAST CAMPAIGN OF PRESIDENTIAL ELECTION 2008 AND 2012
AbstrakPenelitian berjudul A Comparative Study of Persuasion Technique on Obama’s Speeches in The Last Campaign of President Election 2008 and 2012 bertujuan untuk menemukan perbedaan teknik persuasi yang digunakan oleh Obama dalam pidato pada kampanye terakhir tahun 2008 dan 2012 dengan mengidentifikasi teknik persuasi yang Obama gunakan di setiap pidatonya. Peneliti menganalisa teknik persuasi berdasarkan teori oleh Rank. Terdapat lima (5) teknik persuasi yang dikemukakan oleh Rank, yakni attention getting, confidence building, desire stimulating, urgency stressing, and response seeking. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan kualitatif deskriptif sebagai desain penelitian. Pertama data dianalisa dengan menemukan teknik persuasi dalam kedua pidato, mengklasifikasikan data ke dalam lima (5) teknik persuasi, menjelaskan teknik persuasi berdasarkan teori persuasi oleh Rank, dan membandingkan teknik persuasi dalam pidato kampanye terakhir pada tahun 2008 dan 2012. Dari analisis data, peneliti menemukan 135 teknik persuasi pada tahun 2008 dan 236 teknik persuasi pada tahun 2012. Kedua pidato ini berisi attention getting technique, confidence building technique, desire stimulating technique, urgency stressing technique, and response seeking technique.Terdapat beberapa perbedaan yang peneliti temukan dalam kedua pidato. Perbedaan terbesar terlihat pada jumlah teknik persuasi yang digunakan Obama pada kedua pidato yang mana terlihat lebih banyak pada tahun 2012 dibandingkan pada tahun 2008. Obama memberikan solusi spesifik terhadap topik yang berkaitan dengan masalah negara. Pada pidato tahun 2012, Obama terlihat lebih nyaman dengan melakukan improvisasi dengan melibatkan penonton dalam pidatonya. Keberanian Obama juga lebih terlihat pada penyampaian pidato tahun 2012 dengan menggunakan saran-saran secara explisit mengenai pemilihan presiden yang mana tidak terlihat di pidato tahun 2008. Peneliti berharap penelitian ini dapat memotivasi peneliti lain yang tertarik untuk meneliti teknik persuasi untuk dapat menganalisa topik yang sama lebih dalam.
Abstrak (Inggris)The research entitled A Comparative Study of Persuasion Technique on Obama’s Speeches in The Last Campaign of President Election 2008 and 2012 is aimed at describing the differences of the persuasion technique on Obama’s last campaign speeches in 2008 and 2012 by identifying the persuasion technique that Obama used in each speech. This research analyzes persuasion technique based on Rank’s theory. There are five (5) persuasion technique published by Rank: attention getting, confidence building, desire stimulating, urgency stressing, and response seeking. The researcher used descriptive qualitative as the type of the research. The data were analyzed firsly by finding the persuasion technique on the speech, classifying the data into five (5) techniques of persuasion, describing the persuasion technique based on Rank’s theory, and comparing persuasion technique on last campaign speech in 2008 and 2012. From the data analysis, the researcher finds 135 persuasion technique in 2008 and 236 persuasion technique in 2012. Both of the speeches consist of attention getting technique, confidence building technique, desire stimulating technique, urgency stressing technique, and response seeking technique. There are differences that the researcher found in the speeches. The major differences is seen in the number of the persuasion technique used by Obama which was seen more in 2012 rather than in 2008. Obama used spesific solution related with the problem of the country. In 2012, Obama was seen more comfortable with the improvisation which involved more audience in his speech. The bravery of Obama also seen in 2012 by saying the explicit suggestion toward the audience which was not seen in 2008. The researcher hopes this research can motivate other researcher who are interested analyzing persuasion technique to analyze this topic more deeply.
Kata KunciTeknik Persuasi, Persuasi Politik, Pidato Kampanye Terakhir Obama tahun 2008 dan 2012, Pidato.
Nama Pembimbing 1Tuti Purwati, M.Pd.
Nama Pembimbing 2Dyah Raina, M.Hum.
Tahun2014
Jumlah Halaman153
Page generated in 0.0686 seconds.