View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)A1M010016
Nama MahasiswaYOSEP NUGRAHA
Judul ArtikelPreferensi Konsumen terhadap Kemasan Model Baru, Tempat Pembelian dan Media Promosi Jenang Jaket Asli, Kelurahan Mersi Purwokerto
AbstrakJenang jaket merupakan makanan tradisional khas Purwokerto dan Banyumas. Saa tini, jenang jaket yang ada di Purwokerto masih menggunakan kemasan plastik sederhana sehingga kurang menarik dan kurang bisa bersaing dengan produk makanan lain yang sudah dikemas dengan kemasan yang bagus. Inovasi pada kemasan diharapkan dapat memberikan nilai tambah pada produk jenang jaket sehingga dapat meningkatkan penjualan dan memperluas pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui warna kemasan, ukuran kemasan, tempat pembelian dan media promosi jenangjaket yang paling disukai konsumen. Penelitian ini dilaksanakan secara survei di IKM Jenang Jaket Asli, Kelurahan Mersi Purwokerto pada bulan Maret sampai Juni 2014. Responden penelitian adalah pengunjung toko sekaligus konsumen Jenang Jaket Asli sebanyak 31 orang. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode Accidental Sampling. Data dianalisis menggunakan uji Friedman dilanjutkan uji Perbandingan Ganda pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa warna kemasan yang disukai konsumen adalah warna merah, kuning, coklat dan hijau. Ukuran kemasan yang paling disukai konsumen adalah ukuran isi 16. Tempat pembelian yang paling disukai konsumen adalah toko oleh-oleh dan swalayan besar. Hampir semua media promosi yang ada sekarang seperti media cetak, radio, TV lokal, spanduk, poster, brosur dan jejaring facebook disukai oleh konsumen.
Abstrak (Inggris)Jenang jaket is a traditional food of Purwokerto and Banyumas. Currently, jenang jaket in Purwokerto still using simple plastic packaging so it is less attractive and less able to compete with other food products which are already packed with nice packaging. Innovation in packaging is expected to provide added value to jenang products so as to increase sales and expand its market. This study aims to know the color , the size, the purchase place and the promotional media of jenang jaket most preferred by consumers. This research was carried out by survey methodeon Jenang Jaket Asli company, Mersi, Purwokerto in March to June 2014. The respondents were visitors of the store and customers of jenang jaket as many as 31 people. Sampling was conducted using accidental sampling method. The data were analyzed using the Friedman test followed by Multiple Comparison test at level 5%. The results showed that consumers preferred packaging color are red, yellow, brown and green. The size of packaging most preferred by consumers ispackaging which contains 16 pieces. Place of purchase most preferred by consumers are souvenir shops and large supermarkets. Almost all existing promotional media such as print, radio, local TV, banners, posters, flyers and facebook favored by consumers.
Kata Kuncijenang jaket, kemasan, preferensi konsumen
Nama Pembimbing 1Dr. Ir. Tri Yanto, M.T.
Nama Pembimbing 2Karseno, S.P., M.P., Ph.D.
Tahun2014
Jumlah Halaman10
Page generated in 0.0475 seconds.