View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)E1A011149
Nama MahasiswaNATALIA DEWI ANGGRAENI
Judul ArtikelTINJAUAN YURIDIS TERHADAP TANGGUNG JAWAB SURAT KABAR POS KOTA SEBAGAI PELAKU USAHA YANG MEMUAT IKLAN MENYESATKAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN
AbstrakPenelitian ini berjudul; “ Tinjauan Yuridis Terhadap Tanggung Jawab Surat Kabar POS KOTA sebagai Pelaku Usaha yang Memuat Iklan yang Menyesatkan Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen”. Latar belakang masalah penelitian ini adalah terkait dengan iklan yang diterbitkan dalam surat kabar sebagai media massa cetak dimana iklan tersebut dapat dikatakan sebagai iklan yang menyesatkan yang dapat merugikan pembaca surat kabar tersebut sebagai konsumen. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan yuridis normatif, yaitu penelitian dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka yang merupakan data sekunder yang berpusat pada materi perundang-undangan dan buku literatur yang berkaitan dengan objek penelitian. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah normatif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Universitas Jendral Soedirman, Pusat Informasi Ilmiah Fakultas Hukum, kantor surat kabar POS KOTA di Jakarta Barat, dan beberapa kantor perusahaan periklanan di Jakarta. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan bahwa terkait dengan iklan menyesatkan yang diterbitkan oleh surat kabar POS KOTA apabila sampai merugikan pihak konsumen maka pihak surat kabar POS KOTA sebagai pelaku usaha tidak dapat dibebani tanggung jawab atas dasar Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen dan/ atau Pasal 1365 KUHPerdata mengingat kedudukan dari pihak surat kabar POS KOTA hanyalah sebagai fasilitator atau media periklanan yang bersifat pasif dan pihak surat kabar POS KOTA tidak mempunyai hubungan kontraktual atau hubungan yang bersifat langsung dengan pihak pembaca selaku konsumen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut seyogyanya lebih selektif dalam menerima iklan yang akan dimuat di dalam surat kabarnya, terlebih iklan yang sifatnya promosi, sehingga kerugian-kerugian yang akan timbul dari pihak konsumen dapat diminimalisir.
Abstrak (Inggris)This research entitles “The Juridical Review to the Responsibility of the Newspaper of POS KOTA as the Business Actor that makes the mislead advertisement based on the Ordinance Number 8 in 1999 about the consumer protection”. The background of problem in this research is related with the advertisement that has been published in the newspaper as the printed mass media where the advertisement can be said as the mislead advertisement that can damage the newspapers readers as the consumer. Method of research in this research uses the method of juridical normative it is the research that conducted by researching the references that are the secondary data it is centralized in the material of ordinance and literature book that is related with the research object. And the method of analysis in this research uses the normative qualitative. This research was conducted in the Library of Jenderal Soedirman University, Scientific Central Information in the Faculty of Law, Newspaper Office of POS KOTA in West Jakarta, and some of the advertisement company offices in Jakarta. Based on the result of analysis that has been conducted that related with the mislead advertisement that has been published by newspaper of POST KOTA if until make the loss of the consumer so the side of newspaper of POST KOTA as the business actor can not be asked the responsibility related with the Ordinance Number 8 in 1999 about the Consumer protection and/service Article 1365 KUHP Perdata because the position of the newspaper of POST KOTA just as the facilitator or advertisement media that has the passive characteristic and the side of newspaper POST KOTA does not has contractual correlation or correlation that has the direct characteristic with the side of reader as the consumer. Based on the result of research above, it is supposed to be more selective in accepting the advertisement that will be put in the newspaper, especially for the advertisement that has the promotion characteristic, so the losses that will be revealed from the consumer side can be minimized.
Kata Kunci Surat Kabar, Iklan menyesatkan, Tanggung Jawab Pelaku Usaha
Nama Pembimbing 1H. Suyadi,S.H.,M.Hum.
Nama Pembimbing 2I Ketut Karmi Nurjaya,S.H.,M.Hum.
Tahun2015
Jumlah Halaman16
Page generated in 0.0588 seconds.