View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1K011001
Nama MahasiswaBRIAN DWINANDA SETIADI
Judul ArtikelTHE INFLUENCE OF WORK-FAMILY CONFLICT TOWARDS WORK STRESS : THE ROLE OF EDUCATION LEVELS AND GENDER AS MODERATING VARIABLES. (A Study On Civil Servant Working For Ministry Of Manpower Indonesia).
AbstrakABSTRAK Penelitian ini berjudul "Pengaruh Konflik Pekerjaan-keluarga terhadap Stres Kerja: Peran Tingkat Pendidikan dan Jenis Kelamin sebagai Moderating Variabel (Studi pada Pegawai Negeri Sipil Kerja Untuk Departemen Tenaga Kerja Indonesia). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki hubungan antara konflik kerja-keluarga, konflik keluarga-pekerjaan dan stres kerja, juga untuk menyelidiki peran moderasi dari tingkat pendidikan dan jenis kelamin dalam hubungan mereka. Data penelitian ini diperoleh dari Departemen Tenaga Kerja Indonesia di Jakarta Selatan dengan mendistribusikan kuesioner kepada 180 karyawan menggunakan random purposive sampling. teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagian least square menggunakan analisis multi-kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) konflik kerja-keluarga yang positif dan signifikan terkait dengan stres kerja, 2) konflik keluarga-pekerjaan yang positif dan signifikan berhubungan dengan stres kerja, 3) Tingkat pendidikan tidak memiliki efek moderasi pada hubungan antara konflik kerja-keluarga dan konflik keluarga-pekerjaan untuk bekerja stres, dan 4) jenis kelamin tidak memiliki efek moderasi pada hubungan antara konflik kerja-keluarga dan konflik keluarga-pekerjaan untuk bekerja stres. Untuk meningkatkan kinerja dan juga produktivitas kerja, masing-masing Kepala Unit Kerja di Departemen Tenaga Kerja Indonesia perlu 1) mengurangi konflik kerja-keluarga dan konflik keluarga-pekerjaan yang dihadapi oleh karyawan, sehingga stres kerja juga dapat dikurangi, dan 2 ) seharusnya tidak ada perlakuan khusus bagi perekrutan karyawan menurut jenis kelamin juga karena tidak ada perbedaan pada memahami stres kerja antara laki-laki dan perempuan karena tidak ada perbedaan antara tingkat pendidikan tinggi dan menengah dalam hubungan konflik antar-peran terhadap pekerjaan menekankan.
Abstrak (Inggris)ABSTRACT This research is entitled “The Influence of Work-family Conflict towards Work Stress : The Role of Education Levels and Gender as Moderating Variables (A Study on Civil Servant Working For Ministry Of Manpower Indonesia). The aims of this research were to investigate the relationship between work-family conflict, family-work conflict and work stress, also to investigate the moderating role of education levels and gender in those relationship. This research data were obtained from Ministry of Manpower Indonesia in South Jakarta by distributing the questionnaires to 180 employees using random purposive sampling. The data analysis techniques used in this research were partial least square using multi-group analysis. The results show that 1) work-family conflict are positively and significantly related to work stress, 2) family-work conflict are positively and significantly related to work stress, 3) education level has no moderating effects on the relationship between work-family conflict and family-work conflict to work stress, and 4) gender has no moderating effects on the relationship between work-family conflict and family-work conflict to work stress. To increase the work performance and also work productivity, each Head of Work unit in Ministry of Manpower Indonesia needs to 1) decreasing work-family conflict and family-work conflict who faced by the employees, so work stress also can be reduced, and 2) there should be no special treatment for employee recruitment according to gender also due to there is no differences on perceiving work stress between male and female due to there is no differences between high and secondary education levels in the relationship of inter-role conflict towards work stress.
Kata KunciWork-family Conflict, Work Stress, Education Level, Gender
Nama Pembimbing 1DR. Haryadi M.Sc
Nama Pembimbing 2DR. Ratno Purnomo S.E, M.Si
Tahun2016
Jumlah Halaman145
Page generated in 0.0533 seconds.