View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)H1C012014
Nama MahasiswaYUDHA NUGROHO
Judul ArtikelPREDIKSI DAN ANALISIS CURAH HUJAN DI WILAYAH CILACAP DENGAN METODE ANFIS (ADAPTIVE NEURO FUZZY INFERENCE SYSTEM)
AbstrakInformasi tentang cuaca yang diperkirakan atau yang diprakirakan akan terjadi di waktu berikutnya berguna untuk menetapkan rencana dan pengambilan keputusan untuk penanggulangan dan antisipasi akibat yang berkaitan dengan kondisi cuaca yang akan terjadi. Hujan merupakan fenomena alam yang dampaknya terasa langsung oleh manusia dalam beraktifitas. Manusia menggunakan air hujan secara beragam sebagai penyedia air guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ketika ketersediaan air hujan berlebihan atau terlalu sedikit maka akan menimbulkan permasalahan yang serius. Untuk itu perlu adanya sistem prediksi curah hujan. Prediksi yang dilakukan adalah prediksi berdasarkan urutan waktu (time-series). Metode ANFIS adalah metode yang dapat digunakan untuk memprediksi curahh hujan, karena kemampuan pendekatan yang baik terhadap ketidak linieran sehingga menghasilkan error yang lebih kecil. Data yang didapatkan dari BMKG diolah menjadi 2 varian yang kemudian akan digunakan untuk merangcang arsitektur ANFIS singlevariate dan multivariate dengan memberikan variasi pada beberapa variabel seperti masukan, mf_n, mf_type dan epoch. Kemudian ANFIS akan dilatih dan diuji menggunakan data yang telah diolah. Hasilnya arsitektur ANFIS terbaik yang didapat untuk memprediksi curah hujan yaitu arsitektur dengan 3 data masukan, mf_n=3, mf_type=product of two sigmoid dan epoch= 100. Lalu memvalidasi hasil pelatihan dan pengujian menggunakan data validasi yang menghasilkan RMSE sebesar 8,7497.
Abstrak (Inggris)Information about weather forecast is useful to set a plan and decision-making for the prevention and to anticipate the weather effect. Rain is a natural phenomenon that impact directly to human activities. Humans use rainwater variously as a provider of water for daily needs. The excess of rainwater will cause serious problem and so will the less. We need a system rainfall prediction. Prediction is done by prediction based on the sequence of time (time-series). ANFIS method is a method that can be used to predict rain, because it has a good approachment to non nonlinearity and result a smaller error. Data from BMKG processed into two variants which be used to design ANFIS singlevariate and multivariate architecture with variations on several variables such as input, mf_n, mf_type and epoch. Then ANFIS will be trained and tested using the data that has been processed. The best ANFIS architecture to predict the rainfall is the architecture with three input data, mf_n = 3, mf_type = product of two sigmoid and epoch = 100. Then validate the results using the validated data which produce RMSE 8.7497.
Kata KunciANFIS, Curah Hujan, Singlevariate, Multivariate
Nama Pembimbing 1Farida Asriani, S.Si., M.T.
Nama Pembimbing 2Imron Rosyadi, S.T., M.Sc.
Tahun2016
Jumlah Halaman1
Page generated in 0.0528 seconds.