View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)H1C013029
Nama MahasiswaIRFAN AHMAD FAQIH
Judul ArtikelRANCANG BANGUN SISTEM MONITORING DEBIT AIR PADA SALURAN TERBUKA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN ARDUINO UNO DAN SIM900 GSM/GPRS SHIELD DENGAN SENSOR ULTRASONIK DAN ROTARY ENCODER
AbstrakPengukuran debit aliran sangat diperlukan untuk mengetahui potensi sumberdaya air disuatu daerah aliran sungai. Saat ini pengukuran debit air sungai masih menggunakan metode manual dengan cara merawas, pengukuran dari jembatan atau menggunakan perahu. Cara tersebut memiliki kelemahan yaitu tidak dapat dilakukan secara terus menerus dan sifat perubahan debit aliran relatif singkat waktunya sehingga akan sulit untuk memperkirakan kejadiannya. Oleh karena itu pada penelitian ini dirancanglah sebuah sistem monitoring debit air secara real time pada saluran terbuka dengan komunikasi nirkabel. Sensor ultrasonik digunakan untuk mengukur ketinggian air dan rotary encoder yang dikopel dengan baling-baling sebagai pendeteksi kecepatan aliran air. Sistem menggunakan mikrokontroler Arduino Uno sebagai pengolah data masukan dari kedua sensor untuk menghasilkan sebuah output yaitu debit air. Masing-masing variabel ditampilkan pada LCD dan dapat dilihat melalui web thingspeak.com. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini pada sensor ultrasonik telah bekerja dengan baik, dengan nilai rata-rata error sebesar 0.42% dan rotary encoder yang dikopel dengan baling-baling telah bekerja dengan baik dengan nilai rata-rata error sebesar 8.33%. Pengukuran debit aliran dilakukan pada saluran irigasi di Desa Sidakangen, Kec. Kalimanah, Kab. Purbalingga, dan dihasilkan nilai rata-rata error sebesar 1.12%. Dari hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa alat yang telah dirancang dapat bekerja dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan.
Abstrak (Inggris)Measurement of flow discharge is necessary to know the potential of water resources in a watershed. Currently the measurement of river water discharge is still using manual method by way down the river, measuring from bridge or using boat. The way it has a weakness that can't be done continuously and changes in water flow discharge character is relatively short in time so it will be difficult to estimate the incident. Therefore, in this research, a real time water discharge monitoring system on open channel with wireless communication is designed. Ultrasonic sensors are used to measure the water level and rotary encoder coupled with the propeller as a water velocity detector. The system uses Arduino Uno microcontroller as the input data processor of both sensors to produce an output that is water discharge. Each variable is displayed on the LCD and can be viewed through web thingspeak.com. The results obtained from this study on the ultrasonic sensors have worked well, with an average error rate of 0.42% and the rotary encoder coupled with the propeller has worked well with an average error rate of 6.66%. Measurement of flow discharge is done on irrigation channel in Sidakangen Village, Kalimanah, Purbalingga, and the resulting average error rate of 1.12%. From these results it can be said that the system has been designed, can work properly and in accordance with the expected.
Kata KunciDebit Air, Monitoring, Sensor Ultrasonik, Rotary Encoder, Arduino Uno.
Nama Pembimbing 1Winasis, S.T,M.Eng
Nama Pembimbing 2Imron Rosyadi, S.T.,M.Sc
Tahun2017
Jumlah Halaman15
Page generated in 0.0497 seconds.