View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1L012039
Nama MahasiswaRENY FAUSTINA RUKMIYANTI
Judul ArtikelTHE INFLUENCES OF REPORTING CHANNEL, REWARD MODEL, AND MORAL REASONING TOWARDS WHISTLEBLOWING INTENTION
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan jalur pelaporan, reward model, dan penalaran moral terhadap niat melakukan whistleblowing. Jalur pelaporan dalam penelitian ini terdiri dari jalur pelaporan anonim dan non-anonim. Reward model dalam penelitian ini terdiri dari adanya reward dan tidak adanya reward untuk whistleblower. Penalaran moral dalam penelitian ini terbagi menjadi dua tingkat yaitu tingkat penalaran moral yang tinggi dan rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor junior yang bekerja untuk Akuntan Publik terdiri dari 100 orang. Data dianalisis dengan menggunakan Paired Sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jalur pelaporan, reward model, dan penalaran moral secara signifikan mempengaruhi niat individu untuk melakukan whistleblowing. Individu memiliki lebih banyak niat untuk melakukan whistleblowing jika perusahaan menyediakan jalur pelaporan anonim, dan penghargaan bagi karyawannya yang ingin melakukan whistleblowing. Studi ini juga menunjukkan bahwa individu dengan tingkat penalaran moral yang tinggi memiliki lebih banyak niat untuk melakukan whistleblowing daripada individu dengan tingkat penalaran moral yang rendah.
Abstrak (Inggris)This study aims to determine the differences of reporting channel, reward model, and moral reasoning toward intention to do whistleblowing. The reporting channels in this study consist of anonymous and non-anonymous reporting channel. Reward model in this study consists of the presence of rewards and the absence of reward for the whistleblower. Moral reasoning in this study is divided into two levels there are high and low levels of moral reasoning. The type of this research is quasi-experimental study with quantitative approach. The population of this study is junior auditor working for Public Accountant consist of 100 people. The data is analyzed by using Paired Sample t-test. The results of this research indicate that the reporting channels, reward model, and moral reasoning significantly influence the individuals’ intention to do whistleblowing. Individuals have more intention to do whistleblowing if the company provides anonymous reporting channel, and rewards for its employees who want to do whistleblowing. The study also shows that individuals with high levels of moral reasoning have more intention to do whistleblowing rather than individuals with low levels of moral reasoning.
Kata KunciReporting Channel, Reward Model, Moral Reasoning, Whistleblowing Intention
Nama Pembimbing 1Prof. Drs. Bambang Agus P, MA, Ph.D, Ak
Nama Pembimbing 2Dr. Laeli Budiarti, M.Si, Ak, CA
Tahun2017
Jumlah Halaman38
Page generated in 0.0706 seconds.