View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)F1B010046
Nama MahasiswaHELMI FUAD
Judul ArtikelKUALITAS PELAYANAN DALAM PEMBUATAN SERTIFIKAT TANAH DI BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN BANYUMAS
AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitias pelayanan dalam pembuatan sertifikat tanah di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Banyumas yang dilihat dari indikator kualitas pelayanan menurut Zheithaml et al, yakni tangibles (bukti fisik), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan emphaty (empati). Penelitian dilakukan menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survey. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Pengujian validitas data menggunakan korelasi Product Moment, dan reliabilitas data menggunakan teknik Alpha Cronbach. Data kemudian dianalisis menggunakan distribusi frekuensi dan interpretasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan dalam pembuatan sertfikat tanah di Badan Pertanahan Nasional masuk dalam kategori sedang yang dapat dilihat dari lima indikator yaitu: tangibles 62 %, reliability 53%, responsiveness 71%, assurance 76%, dan emphaty 75%. Para responden secara garis besar merasa bahwa kualitas pelayanan di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Banyumas sudah cukup baik. Meskipun demikian, masih perlu adanya penyederhanaan prosedur dalam pelayanan pembuatan sertifikat tanah, dan kualitas pelayanan dalam pembuatan sertifikat tanah harus ditingkatkan terutama pada ketepatan waktu penyelesaian sertifikat.
Abstrak (Inggris)The purpose of this research is to find out the service quality in the term of service in creation of land certificate in The National Land Agency of Banyumas Regency seen from indicators of service quality according to Zheithaml et al, which are: tangibles, reliability, responsiveness, assurance, and emphaty. This research was using quantitative descriptive method with survey approach. Sampling technic was using accidental sampling. Data collected from questionnaire, observation, and documentation. Data validity examined by Product Moment correlation technic, and data reliability examined by Alpha Croanbach technic. Data then analyzed by frequency distribution and data interpretation. The results of this research showed that service quality in the term of service in creation of land certificate in The National Land Agency of Banyumas Regency fell into medium category that could be seen from five indicators as follow: tangibles 62 %, reliability 53%, responsiveness 71%, assurance 76%, dan emphaty 75%. Respondents generally feel that service quality in The National Agency of Banyumas Regency is quite satisfying. Even so, it is essential to simplified procedure of land certificate creation service, and service quality in land certificate creation service needs to be improved especially about punctuality of land certificate completion.
Kata KunciKualitas Pelayanan, Sertifikat Tanah, Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati.
Nama Pembimbing 1Dr. ALI ROKHMAN, M.Si
Nama Pembimbing 2Drs. ANDI ANTONO, M.Si
Tahun2-17
Jumlah Halaman12
Page generated in 0.0582 seconds.