View Artikel Ilmiah

Kembali
NIM (Student Number)C1K012035
Nama MahasiswaADE AYU FITRIANA WIBOWO
Judul ArtikelTHE EFFECT OF CONSUMER SATISFACTION, BRAND IMAGE, PRICE AND VARIETY SEEKING ON BRAND SWITCHING (A Study of Xiaomi Smartphone Consumer in Purwokerto)
AbstrakPenelitian ini berjudul "PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN, CITRA MEREK, HARGA DAN MENCARI VARIASI TERHADAP PERPINDAHAN MEREK (Studi Pada Konsumen Smartphone Xiaomi di Purwokerto)". Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepuasan konsumen, citra merek, harga dan mencari variasi pada perpindahan merek. Berdasarkan teori dan hasil penelitian terdahulu, dapat dirumuskan hipotesis penelitian yaitu kepuasan konsumen berpengaruh negatif terhadap perpindahan merek (H1),Citra merek berpengaruh negatif terhadap perpindahan merek (H2), harga berpengaruh negatif terhadap perpindahan merek (H3), mencari variasi berpengaruh positif terhadap perpindahan merek (H4). Untuk menguji hipotesis ini, jenis penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian adalah semua konsumen yang menggunakan Smartphone Xiaomi di Purwokerto, Wilayah Banyumas. Ukuran sampel adalah 130 responden yang ditentukan dengan perkiraan interval. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Selanjutnya teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa kepuasan konsumen berpengaruh negatif terhadap perpindahan merek pada pengguna Smartphone Xiaomi di Purwokerto, yang berarti konsumen merasa puas dengan Smartphone Xiaomi sehingga niat beralih merek menjadi rendah, citra merek berpengaruh negatif terhadap perpindahan merek pada pengguna Smartphone Xiaomi di Purwokerto, yang berarti konsumen memberikan evaluasi yang sangat baik terhadap citra merek Xiaomi sehingga niat beralih merek rendah, dan harga serta mencari variasi tidak berpengaruh terhadap perpindahan merek pada pengguna Smartphone Xiaomi di Purwokerto, yang berarti bahwa harga dan mencari variasi pada Smartphone Xiaomi tidak berpengaruh terhadap konsumen untuk melakukan perpindahan merek. Mengacu pada kesimpulan tersebut, dapat dikatakan bahwa untuk meningkatkan pelanggan Smartphone Xiaomi, perusahaan Smartphone Xiomi harus lebih meningkatkan kepuasan konsumen dengan memberikan layanan pasca pembelian yang lebih baik kepada konsumen, meningkatkan citra merek dengan meningkatkan kualitas produk terutama mengurangi atau bahkan menghilangkan semua kelemahan produk dan meningkatkan manfaat produk, meningkatkan harga yang dirasakan, yang berarti konsumen memiliki persepsi bahwa harga produk Xiaomi terjangkau dan relevan dengan kualitas, fitur, dan manfaat produk dan perusahaan smartphone Xiaomi harus menekan berbagai kebutuhan mencari variasi pada konsumen dengan memproduksi berbagai produk sehingga konsumen memiliki lebih banyak pilihan dan tidak mencari variasi dan beralih ke merek lain karena Xiaomi menyediakan berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan.
Abstrak (Inggris)This research was entitled “THE EFFECT OF CONSUMER SATISFACTION, BRAND IMAGE, PRICE AND VARIETY SEEKING ON BRAND SWITCHING (A Study of Xiaomi Smartphone Consumer in Purwokerto )”. The aims of research were to analyze the effect of consumer satisfaction, brand image, price and variety seeking on brand switching. Based on the theory and results of previous studies, it can be formulated the research hypotheses were consumer satisfaction has a negative effect on brand switching (H1), brand image has a negative effect on brand switching (H2), price has a negative effect on brand switching (H3), variety seeking has a positive effect on brand switching (H4). To test these hypotheses, type of this research uses survey. Population within study was all Xiaomi Smartphone users in Purwokerto, Banyumas Region.Sample size was 130 respondents which determined by interval estimates. Sampling technique used in this research was purposive sampling. Furthermore, technique data analysis of this study used multiple regression analysis. Based on the result of data analysis, it could be concluded that consumer satisfaction has negative effect on brand switching of the users of Xiaomi Smartphone in Purwokerto, meaning that consumers felt high satisfaction on Xiaomi Smartphone so that the intention of brand switching was low, brand image has negative effect on brand switching of the users of Xiaomi Smartphone in Purwokerto, meaning that consumers give very good evaluation against the brand image of Xiaomi so that the intention of brand switching is low, and price as well as variety seeking did not have effect on brand switching of the users of Xiaomi Smartphone in Purwokerto, meaning that the price and variety seeking of Xiaomi did not have effect against the consumers to perform brand switching. Refers to these conclusions, it could be implied that to increase the customers’ Xiaomi Smartphone, the company of Xiomi Smartphone should increase more consumer satisfaction by giving better post purchase service to the consumers, increase brand image by improving the quality of the products especially in diminishing or even removing all weaknesses of the products and improving the benefits of the product, increase more perceived price, meaning that consumers have perception that the price of Xiaomi products is affordable and relevant with the quality, features, and benefits of the product and the company of Xiaomi smartphone should supress consumers’ variety seeking by producing various products so that consumers have more choices and do not seek for variation and switch to other brands since Xiaomi provides various products that can meet the consumers’ need.
Kata KunciConsumer Satisfaction, Brand Image, Price, Variety Seeking, Brand Switching
Nama Pembimbing 1Prof. Dr. Agus Suroso, M.S.
Nama Pembimbing 2Refius Pradipta Setyanto, S.E., M.Si.
Tahun2018
Jumlah Halaman29
Page generated in 0.0633 seconds.